Minggu 17 Januari 2021

Berita

BMKG Pusat Adakan Seminar Nasional Terkait Tanda Waktu Astronomis

26-11-2020


* BMKG Pusat Adakan Seminar Nasional Terkait Tanda Waktu Astronomis

Kemenag Anambas (Humas)- kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam H. Ikhwan, S.Ag turut serta dalam seminar Nasional yang di adakan oleh BMKG Pusat dengan mengusung tema “Peran Strategis BMKG dalam menyiapkan data dan informasi hilal di Indonesia”. Seminar ini dilaksakan secara vitual melalui aplikasi di ruangan Kasi pada hari Kamis, 26 November 2020.

Partisipan dalam seminar Nasional ini banyak diminati, hal ini sejalan dengan antusias nya para peserta dengan jumlah peserta 218 orang yang meliputi dari berbagai kalangan pendidikan, latar belakang dan instansi yang berbeda dari seluruh Indonesia.

Dalam seminar ini membahas 6 materi yang didiskusikan, ada yang mewakili beberapa organisasi, dari NU, Muhammadiyah, Kemenag RI, UIN dan Peneliti dan Penggiat Muda Astronomi serta peminat Ilmu Falak.

Adapun bahasan yang dibahas dalam seminar ini :

1.    BMKG Pusat membahas Peran strategi dalam menyiapkan data dan informasi hilal di Indonesia.
2.    Kemenag RI : Penggunaan Data Hilal BMKG oleh Kemenag Dalam Pelaksanaan Rukyatul Hilal dan Sidang Isbat.
3.    Muhammadiyah membahas terkait Kebijakan MU Tentang Hisab Rukyat dan Fajar.
4.    NU membahas mengenai Rukyatul Hilal, Observasi Fajar dan Hisab.
5.    PPIM menjelaskan tentang sejarah dan Kiprah Assalam Observatory.
6.    Peneliti Muda  Astronomi : Hisab Rukyat Hilal di BMKG

Tujuan dari seminar ini untuk menyatukan persepsi baik dalam penyamaan data dan informasi hilal di seluruh Indonesia, serta adanya upaya-upaya untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat khususnya penggiat ilmu falak, untuk membagi persamaan persepsi data dan informasi hilal.

Juga adanya langkah-langkah penerapan data di masyarakat di himpun dalam satu kerja hisab  rukyat, kendatinya dengan adanya seminar ini untuk mempermudah Kemenag sebagai penanggungjawab siding isbat dalam rangka menyiapkan kalender Hijriyah di Indonesia. 

zet

49

Berita Terkait