Selasa 19 Oktober 2021

Berita

Beri Sambutan Pada Musda IV Tahun 2021, Kakanwil Sampaikan Empat Harapan Kepada MUI

17-09-2021


* Beri Sambutan Pada Musda IV Tahun 2021, Kakanwil Sampaikan Empat Harapan Kepada MUI

Batam (Humas) – Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I memberi sambutan pada Musyawarah Daerah (Musda) IV Tahun 2021, di Hotel Golden View, Jumat (17/09/2021).

Memulai sambutannya Mahbub mengatakan MUI adalah rumah besar umat Islam yang diharapkan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan umat sekaligus berperan sebagai penyejuk umat, sehingga kehidupan umat beragama dapat kondusif, aman dan damai.

Dalam hal hubungan kerjasama dalam masyarakat, Mahbub menyampaikan sebagai umat beragama harus mencontoh lima jari yang ada ditangan. Jika kelima jari itu dapat saling bekerja sama dan menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, maka kehidupan masyarakat di Kepulauan Riau akan baik pula.

“Ibu jari melambangkan ulama, jari telunjuk melambangkan pemerintah, jari tengah melambangkan hakim dan aparat penegak hukum, jari manis melambangkan para aghniya atau orang-orang kaya, dan jari kelingking yaitu orang yang tidak mampu atau fakir miskin,” jelasnya.

Dengan terselenggaranya Musda IV ini, Ia menyampaikan empat poin harapan kepada MUI, diantaranya pertama, sebagai wadah musyawarah para cendekiawan muslim untuk membahas dan memutuskan berbagai agenda MUI untuk umat dan bangsa dengan inti umat rukun Indonesia maju.

Kedua, lanjutnya, wadah ini bisa digunakan sebagai forum konsolidasi dalam memperkuat peran dan sumbangsih MUI dalam kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan serta kebangsaan. Ketiga, menjadi forum penyerapan aspirasi umat islam dan respon ulama mengenai masalah-masalah yang ada  Keempat, menjadi forum silaturahmi antara komponen umat dalam rangka meningkatkan partisipasi umat.

Dalam acara yang diinisiasi oleh Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kepulauan Riau ini hadir pula Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, SE, MM dan sejumlah tamu undangan dengan menerapkan protokol kesehatan.
 

96

Berita Terkait