Selasa 12 November 2019
Ats-tsulatsa 14 Rabiul Awal 1441

Berita

Batik,Zikir dan Perjuangan Bangsa

02-10-2019


* H.M.Nasir, S.Ag,M.H , Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lingga

(Kemenag Lingga)-- Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Melihat sejarah batik bukan hanya sebagai karya seni yang mengungkapkan kesan keindahan, namun dibalik itu semua tersimpan sejarah panjang tentang perjuangan bangsa Indonesia. Semangat membatik telah diwariskan oleh para pendahulu dengan ketekunan yang luar biasa. 

"Batik dalam perjalanannya menyimpan kekayaan khasanah kebudayaan yang sangat luar biasa. Batik mengajarkan ketekunan, keuletan serta keindahan. Di masa perjuangan, terutama para pendahulu negeri ini, mereka membatik sambil berzikir,"ungkap Kepala Kemenag Lingga,H.M.Nasir,S.Ag,MH,Rabu(2/10) saat menjadi pembina apel pagi.

Memohon kepada Allah SWT, lanjutnya lagi, agar Bangsa ini dibebaskan dari belenggu penjajah. "Mendoakan seluruh perjuangan putra-putri bangsa untuk mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi. Ketekunan dalam membatik dengan diiringi berdzikir menjadikan spirit untuk terus berjuang hingga titik darah penghabisan,"tambahnya.

"Inilah kondisi yang bisa kita nikmati sampai hari ini. Sewajarnya lah kita hari ini menghargai dan mengapresiasi perjuangan para pendahulu kita dengan sama-sama menyukseskan peringatan Hari Batik Nasional,"kata H.M.Nasir,S.Ag,MH.(zaid)

60

Berita Terkait