Senin 20 September 2021

Berita

Akhir Matsama MAN Karimun Ceria Dengan Kreativitas

16-07-2021


* Akhir Matsama MAN Karimun Ceria Dengan Kreativitas

MAN Karimun_Rabu, 14 Juli 2021. Masa Ta’aruf (MATSAMA) Virtual Peserta Didik kelas X MAN Karimun berakhir pada hari ke tiga yakni 14 Juli 2021. Kegiatan tersebut memanfaatkan berbagai varian ruang digital. Satu di antaranya WAG (WhatsApp group) sebagai pengantar informasi dan ruang komunikasi. Dari grup kelas inilah siswa memndapatkan link pembelajaran, latihan serta penyelesaian tugas dengan mengkolaborasi ruang digital. Siswa lebih mudah memahami materi dan bersemangat karena menerima materi hasil kreativitas gurunya sendiri.

. Materi MATSAMA di MAN Karimun didesain bermakna dan menyentuh di kehidupan nyata. Contoh, siswa diminta belajar dengan cara bersentuhan langsung dengan lingkungan dan alam sekitarnya. Bagaimana menumbuhkan rasa peduli, tolong menolong, welas asih, religius. Sebagai pembiasaan, sebelum mengikuti materi inti peserta didik dianjurkan untuk melaksanakan shalat dhuha, membaca Al-Quran, membantu ibu menyetrika pakaian dan masih banyak lagi praktik baik lainnya. Kegiatan Literasi digitalisasi juga diberikan agar peserta didik memiliki pengetahuan bagaimana seharusnya berhadapan dengan media sosial.

Kegiatan yang paling seru adalah menulis laporan sederhana Ilmiah. Sementara kegiatan yang paling diminati adalah pengembangan kreativitas. Siswa diminta mendokumentasikan proses kerja mengubah pot mini sederhana menjadi sebuah pot bernilai seni yang indah. Lebih kagum lagi ketika melihat tanaman yang mereka pilih  sesuai dengan pot bunga tersebut. Kepala MAN Karimun, Yuni Hasnidar mengatakan sengaja tema FUN diangkat agar semua warga MAN Karimun merasa MATSAMA Tahun 2021 mengangkat kebaharuan dan menyenangkan.
 

75

Berita Terkait