Selasa 07 Juli 2020

Berita

AIW Perdana KUA Kec. Bukoit Bestari Tahun2020

19-02-2020


* AIW Perdana KUA Kec. Bukoit Bestari Tahun2020

Kemenag TPI (INMAS) Berdasarkan pasal 37 Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan diangkat menjadi Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW).

Sesuai dengan amanah peraturan dan undang-undang tersebut diatas, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Bukit Bestari H. Ali Busro, S.Ag melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai PPAIW dengan menerbitkan Akta Ikrar Wakaf (AIW) yang perdana tahun 2020 dengan nomor 01 Tahun 2020 atas sebidang tanah di jalan Menur Kelurahan Sungai Jang.

Sebidang tanah tersebut berasal dari Wakif bapak Harnadi yang merupakan seorang pengusaha beragama Non Muslim dengan sertipikat Hak Milik nomor 03919 luas 826 M2 yang diwakafkan untuk masjid An Nur Jl. Menur depan Hotel CK Tanjungpinang yang diurus oleh Nazir perseorangan yang ditunjuk yaitu bapak H. Izhar Ramli, S.Sos selaku ketua Masjid An Nur dan juga mantan Lurah Dompak.

Prosesi Ikrar Wakaf dilaksanakan pada hari Senin tanggal 17 Februari 2020 pukul 14.30 WIB di Kantor Urusan Agama Kecamatan Bukit Bestari Jl. Raja Ali Haji Tanjungpinang dengan dihadiri para saksi yaitu bapak Trisno Nugroho Ketua RT. 04 RW. 09 dan bapak Tri Santoso Ketua RW. 09 Kelurahan Sungai Jang. Prosesi Ikrar Wakaf ini juga di saksikan oleh isteri dan anak bapak Harnadi, Notaris, pejabat Kelurahan Sungai Jang bapak Hendarto dan tokoh masyarakat lainnya. 

Setelah selesai prosesi Ikrar Wakaf, PPAIW Kecamatan Bukit Bestari, H. Ali Busro, S.Ag memberikan arahan kepada Wakif, Nazir dan para saksi bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf bahwa tanah wakaf tersebut sudah menjadi milik umat Islam yang sesuai dengan peruntukannya, maka tidak dapat dijual, digadaikan, diagunkan atau diwariskan kepada ahli waris Nazir. Diakhir arahannya, H. Ali Busro, S.Ag mengingatkan kepada Nazir untuk dapat segera memproses tanah wakaf tersebut di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tanjungpinang untuk dirubah menjadi sertipikat Tanah Wakaf. (Alib)
 

87

Berita Terkait