Senin 17 Juni 2019
Al-Itsnain 13 Syawal 1440

Berita

Abu Sufyan: Hakekat Puasa Adalah Peningkatan Taqwa

20-05-2019


* Abu Sufyan: Hakekat Puasa Adalah Peningkatan Taqwa

Senggarang (Inmas)—Kabag Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kepulauan Riau H. Abu Sufyan memberikan tausiyah dalam program kultum ba’da Dzuhur di Masjid al Khaif Kanwil Kemenag Kepri Jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang. Kultum merupakan program Ramadhan yang diselenggarakan setiap hari setelah sholat Dzuhur.

Dalam waktu 7 menit, Abu Sufyan mengungkapkan hakekat sejati ibadah puasa adalah meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Abu Sufyan mengatakan banyak sekali ciri orang yang bertaqwa. “Bertaqwa ada yang mengartikan selalu berhati-hati dalam menjalani kehidupan. Bertaqwa adalah orang yang selalu takut kepada Allah, yakni berupaya untuk menjalankan perintah Allah dan meninggalkan segala larangan Allah,” kata Abu Sufyan.

Momentum Ramadhan ini diharapkan ada perubahan ke arah yang lebih baik. “Ada perubahanlah meskipun sedikit. Ada semangat untuk melakukan kebaikan dan meningkatkan kualitas diri, misalnya semangat untuk menuntut ilmu agama dan lain sebagainya,” tambahnya.

“Tentunya meningkat itu dari sisi kualitas dan kuantitas. Dari kualitas terus memperbaiki kualitas sholat menjadi menjalankan sholat yang khusu’ sesuai dengan kafiat sholat yang diajarkan Rasulullah. Seolah-olah kita sholat sedang melihat Allah, atau paling tidak kita sadar betul bahwa sholat kita sedang dilihat Allah SWT, nilai itu yang ingin kita capai,” ujar Abu.

Dari sisi kuantitas, kata Abu, taqwa dimaknai dengan semakin banyaknya amal ibadah yang dikerjakan. “Mulai tahun ini kita berniat, seiring peningkatan taqwa kita tambah ibadah kita. Yang biasanya hanya sholat fardhu saja, sekarang kita tambah dengan sholat Sunnah seperti sholat dhuha dan sholat malam,” ucapnya. (hatiman)

104

Berita Terkait