Sabtu 19 Oktober 2019
As-Sabt 19 Syafar 1441

Berita

Abdurokhman: Kita Sedang Usulkan Penggabungan Mahrom

25-03-2019


* Kasi PHU Kemenag Lingga, Abdurokhman saat memimpin apel pagi di halaman Kantor Kemenag Lingga

(Kemenag Lingga)-- Musim haji 1440 H/ 2019 M sudah semakin dekat. Seluruh jamaah calon haji asal Kabupaten Lingga sudah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan tahapan pelaksanaan ibadah haji. Mulai dari manasik haji hingga pemeriksaan kesehatan jamaah.

Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada calon jamaah. "Semua informasi haji wajib diketahui oleh seluruh ASN Kemenag Lingga. Hal ini penting, karena masyarakat beranggapan ASN Kemenag pasti tahu tentang haji. Tentunya, masyarakat bertanya terkait hal-hal yang bersifat umum,"jelas Abdurokhman, Senin(25/3) saat memimpin apel pagi.

"Perlu disampaikan kepada masyarakat bahwa Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk Embarkasi Batam sebesar Rp.32.306.450. Adapun tahapan pelunasannya dimulai tanggal 19 Maret - 15 April 2019 untuk tahap I. Sedangkan Tahap II dimulai 30 April - 10 Mei 2019 mendatang,"tambah Rokhman.

Katanya lagi, jamaah yang berhak melunasi adalah jamaah yang sudah dianggap istitha'ah oleh Kementerian Kesehatan.

"Kita sudah mengusulkan penggabungan mahrom untuk jamaah berangkat tahun ini. Mereka adalah jamaah yang terpisah, yaitu : suami,istri, anak dan orang tua. Persyaratannya adalah calon yang diusulkan pendamping mahrom tersebut adalah mereka yang terdaftar sebagai calon jamaah sebelum 1 Januari 2017. Kalau mendaftarnya 2018, ya tidak bisa diusulkan,"kata Abdurokhman.

"Perlu disampaikan juga bahwa pelimpahan nomor porsi jamaah wafat itu berdasarkan Keputusan Dirjen PHU Nomor 117 tahun 2019 mengatakan bahwa : nomor porsi yang dapat dilimpahkan adalah nomor porsi jamaah haji yang telah ditetapkan dan dipublikasikan sebagai jamaah haji yang berhak melunasi BPIH tahun 1440 H/ 2019 M pada 25 Februari 2019; waktu jamaah yang bersangkutan wafat terhitung sejak tanggal 25 Februari 2019 sampai dengan tanggal akhir keberangkatan jamaah haji gelombang 2 ke Arab Saudi tanggal 5 Agustus 2019. Dengan demikian tidak ada lagi timbul pertanyaan di masyarakat bahwa tidak semua jamaah haji wafat bisa digantikan oleh ahli warisnya. Jadi, semuanya ada ketentuan dan sudah jelas,"ungkap Rokhman.


Dimintai tanggapannya, Kepala Kemenag Lingga, H.M.Nasir,S.Ag, M.H melalui pesan WA menyampaikan pesan kepada para jamaah calon haji agar senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran jelang keberangkatan. "Jaga pola makan, olah raga secara teratur, pastikan istirahat yang cukup. Tubuh sehat, jiwa sehat sehingga bisa menjalankan ibadah dengan sempurna,"tulisnya.(zaid)

1026

Berita Terkait