Selasa 23 Juli 2019
Ats-tsulatsa 20 Dzulka'dah 1440

Berita

Maghrib Mengaji, Kakanwil Ajak Jamaah Tingkatkan Taqwa

28-04-2017


*

Tanjungpinang(Humas)- Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau dan Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang kembali menggelar kegiatan maghrib mengaji yang sudah memasuki tahun keenam. Gerakan masyarakat maghrib mengaji dan safari subuh salah satu kegiatan berbasis masyarakat yang menjadi kegiatan rutin unggulan Kanwil Kemenag Kepri.

Sejak digelar pertama kali tahun 2012, melalui kegiatan maghrib mengaji dan safari subuh sudah ratusan masjid yang dikunjungi di Kepulauan Riau. Pada Kamis (27/4) kegiatan maghrib mengaji digelar di Surau At Taqwa Perumahan Griya Hang Tuah IV Tanjungpinang. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal, Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang H. Muhammad Nasir dan seluruh jajaran.

Menurut Ketua Pengurus Surau At Taqwa, Muhammad Adnan, Surau At Taqwa masih baru. Didirikan beberapa tahun yang lalu untuk menjawab kebutuhan masyarakat di wilayah perumahan yang mulai padat. Dia mengatakan meskipun relative baru, masjid tersebut memiliki banyak kegiatan terutama pada bulan Ramadhan. Pihaknya pun bercita-cita untuk mendirikan Taman Pendidikan Alquran untuk melengkapi sarana yang ada.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal dalam arahannya mengajak jamaah masjid At Taqwa untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Menurutnya manusia terbaik adalah yang senantiasa berusaha untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. "Saya paham betul bagaimana perjuangan masyarakat Perumahan Griya Hang Tuah Permai IV dalam upaya untuk membangun surau ini sejak awal, termasuk masalah lahannya. Sekarang sudah cantik berdiri megah, saya harapkan surau dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Segera isi dengan kegiatan lainnya seperti majelis taklim, TPQ, dan lainnya", kata Marwin Jamal.

Marwin menambahkan sejak digulirkan pertama kali, kegiatan maghrib mengaji di Kepulauan Riau terus berkembang. "Dulu hanya sepekan sekali, kemudian bertambah dengan kegiatan safari subuh. Sudah ratusan masjid yang kita kunjungan. Begitu juga dengan kegiatan sejenis di kabupaten/kota lainnya. Dukungan pun mengalir, biasanya kami hadir bersama Dewan Masjid Indonesia Kota Tanjungpinang atau Gubernur dan Sekda Kepri yang semangat bersafari dari masjid ke masjid", ucap Marwin Jamal.

Lebih lanjut Marwin meminta jamaah untuk meningkatkan ibadah di surau jelang Ramadhan. "Jangan pas Ramadhan baru ke Surau, tapi harus mulai dari sekarang supaya lebih siap karena sudah masuk bulan Sya’ban. Mulai dengan sholat jamaah lima waktu, pengajian, buka bersama dan lain-lain", tambah Marwin Jamal.

Kegiatan maghrib mengaji diawali dengan sholat maghrib berjamaah, dan dilanjutkan dengan membaca surat Yaasiin bersama yang dipimpin oleh Ustadz Muhammad Taufiq, salah satu ASN Kemenag Kota Tanjungpinang dan dilanjutkan dengan tausiyah. (hatiman)

164

Berita Terkait