Selasa 12 November 2019
Ats-tsulatsa 14 Rabiul Awal 1441

Berita

Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Sadar Halal, Erman Zaruddin Tekankan Pentingnya Mendidik Anak

21-04-2017


*

Tanjung Sebauk (Humas)- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau melalui Bidang Bimas Islam menggelar sosialisasi gerakan masyarakat sadar halal. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari, Jumat (21/4) di Masjid Nurul Jihad Kelurahan Sebauk Kelurahan Senggarang, Tanjungpinang. Kegiatan diikuti oleh 50 peserta yang merupakan warga setempat.

Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri H. Erman Zaruddin dalam materinya mengatakan fungsi keluarga dalam menjalankan reproduksi sangat penting. Menurutnya fungsi reproduksi harus dilaksanakan sesuai dengan ajaran agama Islam. "Keluarga juga harus menjadi tempat perlindungan yang tepat bagi seluruh anggota keluarga. Perlindungan harus dimaknai secara luas, mulai dari memberikan perlindungan dalam berpakaian yang syar’i, dan yang lainnya", kata Erman Zaruddin.

Erman mengatakan nilai kejujuran harus ditanamkan sejak dini kepada anak sebagai salah satu nilai keislaman. "Nilai kejujuran harus ditanamkan suami kepada istri, istri harus menanamkan nilai kejujuran kepada anak. Banyak contoh nilai kejujuran yang tidak kita tanamkan, atau sering salah kita tanamkan. Misalnya, saat ditanya hendak kemana oleh anak, kita menjawab hendak ke rumah orang yang meninggal, padahal kita ke pasar supaya anak kita tidak ikut, kita berbohong yang akibatnya anak tidak terbiasa dengan proses penyelenggaraan fardhu kifayah, dan masih banyak contoh lainnya", katanya lagi memberikan contoh.

Erman menjelaskan, kebiasaan baik harus diterapkan. Menurutnya tabiat atau tingkah laku lebih dipengaruhi oleh perbuatan yang diulang-ulang. Dia mencontohkan kebiasaan berdoa sebelum melakukan sesuatu seperti makan dan minum harus dibiasakan, jika sudah menjadi kebiasaan maka akan menjadi akhlak. "Dan ingat hakekatnya semua yang kita kerjakan dalam kerangka mengabdi kepada Allah SWT. Menyembah Allah itu sangat penting. Sebagaimana firman Allah, tidak akan diciptakan jin dan manusia untuk mengabdi kepada Allah SWT", sambung Erman.

Lebih lanjut Erman meminta kepada peserta yang umumnya warga Sebauk untuk menjaga kestabilan emosi dalam mendidik anak. "Marah boleh tetapi harus pada tempatnya, karena jika kita marah akan mempengauhi psikologi tumbuh kembang anak. Fase tumbuh kembang anak akan sangat menentukan bagaimana mereka menjalani masa remajanya. Jika sejak kecil anak kita didik dengan pengajaran agama, maka saat gejolak masa remaja terjadi dia akan kembali ke agama, begitu pun sebaliknya. Maka pendidikan agama pada anak sangat penting", ujar Erman mengingatkan.

Soal peningkatan potensi ekonomi dalam keluarga, Erman mengatakan keluarga perlu melakukan sejumlah langkah produktif meskipun dalam skala kecil. "Jika kita punya pekarangan rumah yang bisa ditanami, maka tanamilah dengan tanaman konsumsi, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sendiri bahkan jika berlebih bisa kita jual", pesannya. (hatiman)

155

Berita Terkait