Senin 20 Mei 2019
Al-Itsnain 15 Ramadhan 1440

Berita

"Gubernur Kepulauan Riau buka MTQ IX Kabupaten Karimun"

17-04-2017


*

Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun membukan secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IX tingkat Kabupaten Karimun di Gelanggang Olahraga (GOR) Badang Perkasa di tandai dengan pemukalan bedug. Sabtu (15/4/2017) malam.

MTQ tersebut memperlombakan cabang Tilawah, Fahmil, Syarhil, Tahfidz, Tafsir dan Musabaqah Makalah Quran, serta diikuti sebanyak 318 orang peserta utusan dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Karimun.Kegiatan ini diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil pembalajaran Al Quran di masyarakat, baik itu di Masjid maupun di TPQ dan lembaga bimbingan Al Qur'an lainnya. 

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) IX tingkat Kabupaten Karimun ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Dapil Kepulauan Riau, Anggota DPRD Kepulauan Riau, Wakil Bupati Karimun, dan Muspida Kabupaten Karimun serta seluruh lapisan masyarakat.

Dalam sambutannya, Nurdin berpesan agar para peserta dapat bertanding dengan baik. Ia mengingatkan agar para peserta memiliki niat untuk berdakwah saat menunjukan kebolehannya di hadapan dewan juri dan penonton.

“Saat naik ke astaka, niatkan untuk berdakwah. Jangan pula niat lain. Dengan MTQ ini maka kita dapat melahirkan ahli-ahli Al-Quran sebagai duta hingga tingkat internasional,” ucap Nurdin Basirun.

Selain itu Nurdin juga mengajak seluruh masyarakat muslim di Karimun agar dapat kembali memakmurkan masjid dan menjalankan kehidupan sebagaimana yang telah ditetapkan di dalam kitab suci Al-Quran.

“Dengan kemajuan zaman yang semakin canggih ini kita perlu membentengi diri dengan ilmu agama,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, dengan adanya MTQ ini maka masyarakat Karimun yang beragama Islam dapat semakin tekun dalam mendalami ilmu Al-Quran. Ia mengharapkan melalui kegiatan MTQ maka akan dapat membumikan Al-Quran di kabupaten yang berjuluk Bumi Berazam ini.

“Bukan hanya sebatas itu tapi kita bisa mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Rafiq.

Kepada para peserta Rafiq mengucapkan selamat bertanding. Dan, kepada para juri dan dewan hakim Ia juga mengimbau untuk dapat memberikan penilaian dengan arif dan bijaksana sebagaimana ketentuan yang seharusnya. (usman-humas)

72

Berita Terkait