Rabu 24 Juli 2019
Al-Arbi'aa 21 Dzulka'dah 1440

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Beri Tausiyah Kepada Warga Binaan Zakat

12-04-2017


*

Tanjung Sebauk (Humas)- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau kembali menggelar pembinaan di Desa Binaan Zakat yang dipusatkan di Masjid Nurul Jihad Kelurahan Sebauk Kelurahan Senggarang Tanjungpinang, Selasa (11/4).

Kepala Seksi Pemberdayaan Zakat Dan Wakaf Kanwil Kemenag Kepri Afifah Mardiyah mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk membina masyarakat yang berada di Desa Binaan Zakat Kanwil Kemenag Kepri yang secara rutin telah dilakukannya selama lebih dari tujuh tahun ini serta untuk memberikan bantuan stimulasi kepada warga Desa Binaan Zakat dalam mengembangkan usahanya.

Sementara itu, menurut Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri H. Erman Zaruddin mengatakan pihaknya sengaja menggelar berbagai safari untuk memeriahkan hari-hari besar keagamaan Islam ke berbagai wilayah di Kepulauan Riau.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau H. Marwin Jamal dalam tausiyahnya mengatakan sangat bersyukur dengan progres Desa Binaan Zakat di Tanjung Sebauk yang dibinanya sejak tujuh tahun silam. Menurutnya sudah banyak kemajuan yang diperlihatkan, namun pihaknya juga masih menyayangkan beberapa jenis usaha ternyata tidak bisa berkembang di desa itu.

"Kita wajib berusaha, jangan malas. Tetap semagat, yang penting halal lagi baik. Saya sangat bersyukur bisa berkumpul kembali setelah satu tahun tidak kemari, kita akan terus motivasi dan evaluasi", kata Marwin Jamal.

"Berusaha itu wajib, sebagaimana para Nabi terdahulu juga memiliki profesi masing-masing. Kita kenal Nabi Adam a.s yang bekerja sebagai petani, Nabi Idris a.s sebagai penjahit tangan, jadi usaha itu wajib dilakukan biar Allah yang menentukan hasilnya", kata Marwin lagi.

Marwin mengajak warga binaannya itu untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Sebagai bentuk rasa syukur itu menurut Marwin, harus berusaha untuk menegakkan sholat berjamaah di masjid. Marwin menjelaskan ibadah sholat merupakan ibadah yang istimewa karena perintah sholat diperoleh Rasulullah setelah melakukan Isra Miraj.

"Hakekat Isra Miraj adalah menjemput sholat, beda dengan ibadah wajib yang lain seperti zakat dan puasa yang tidak perlu dijemput", ucap Marwin Jamal.

Dalam tausiyahnya Marwin Jamal juga memberikan quiz kepada warga dan bagi warga yang bisa menjawabnya dengan benar diberikan hadiah berupa buku bimbingan sholat lengkap. (hatiman)

142

Berita Terkait