Senin 20 Mei 2019
Al-Itsnain 15 Ramadhan 1440

Berita

MTQ Kabupaten Bintan VII Tahun 2017 Dimulai

10-04-2017


*

Kawal (Humas)- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Bintan VII Tahun 2017 telah dimulai yang ditandai dengan dibukanya rangkaian kegiatan tersebut oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun, Jumat (7/4) malam. MTQ Kabupaten Bintan VII Tahun 2017 dipusatkan di Community Center, Kawal, Gunung Kijang. Pada acara pembukaan tampak hadir antara lain Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal, Bupati Bintan Apri Sujadi, dan pendakwah nasional KH. Abdullah Gymnastiar, serta 5.000 undangan dan masyarakat Bintan yang memadati halaman Community Center.

Ketua Panitia Pelaksana mengatakan tujuan utama dilaksanakannya kegiatan MTQ adalah untuk meningkatkan syiar agama Islam dengan meningkatkan pengamalan Alquran di tengah masyarakat. Melalui kegiatan ini pula akan diseleksi qari dan qariah, hafidz dan hafidzah Kabupaten Bintan yang selanjutnya akan diikutsertakan pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau 2017 di Batam. Pelaksanaan MTQ Kabupaten Bintan dilaksanakan 7 – 11 April 2017.

Kegiatan diawali dengan pawai taaruf dan pelantikan dewan hakim pada pagi hari. Venue acara antara lain astaka utama dengan cabang lomba antara lain tilawah dan tartil Alquran, Masjid Besar An Nur untuk cabang hifdzil dan tartil Alquran, Aula Kantor Camat Gunung Kijang untuk cabang fahmil dan syarhil Alquran.

Adapun peserta sebanyak 169 peserta dengan rincian Kecamatan Teluk Bintan 17 peserta, Bintan Timur 19 peserta, Matang 17 peserta, Bintan Pesisir 19 peserta, Bintan Utara 18 peserta, Seri Kuala Lobam 19 peserta, Gunung KIjang 15 peserta, Toapaya 16 peserta, Teluk Sebong 17 peserta, dan Tambelan 18 peserta.

Bupati Bintan, Apri Sujadi dalam sambutanya mengajak masyarakat Kabupaten Bintan untuk mewujudkan generasi dan sumber daya manusia yang qurani. Menurutnya sumber daya manusia yang qurani adalah sumber daya manusia yang mampu membentengi dirinya dari segala perubahan yang terjadi akibat perkembangan zaman dan teknologi.

"Dalam momentum ini pula kami mengajak masyarakat untuk mengkampanyekan stop kekerasan terhadap anak-anak termasuk pelecehan seksual terhadap anak-anak yang saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Anak-anak Bintan adalah estafet perjuangan yang akan memajukan Kabupaten Bintan", kata Apri Sujadi.

Bupati juga mengatakan pemerintah Kabupaten Bintan bersama DPRD Kabupaten Bintan pada tahun 2017 ini memfokuskan APBD untuk pengembangan program hafidz Alquran. "Tahun lalu kita punya satu rumah tahfidz, dan pada tahun 2017 kita menambah dua rumah tahfidz lagi di Bintan Timur dan Gunung Kijang. Target kita secara bertahap akan berdiri 10 rumah tahfidz sesuai dengan jumlah kecamatan untuk investasi dunia dan akhirat", katanya lagi.

Diakui Apri Sujadi, Pemerintah Kabupaten Bintan terus melakukan upaya pembenahan sumber daya manusia yang diharapkan dapat mengharumkan nama Kabupaten Bintan baik level nasional maupun internasional. "Untuk itu kami terus melakukan pembenahan agar menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan dibentengi dengan nilai-nilai agama yang kita anut. Untuk itu kami mengajak kepada kita semua untuk senantiasa memegang teguh pada Alquran dan hadits", ujar Apri Sujadi.

"Saya minta nanti saat Aa Gym sudah memulai tausiyah, kita semua dapat menyimak dengan baik", pungkasnya. (hatiman)

210

Berita Terkait