Senin 20 Mei 2019
Al-Itsnain 15 Ramadhan 1440

Berita

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah : Kiprah KUA Cerminan Kementerian Agama

07-04-2017


*

Tanjungpinang (Humas) – Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Dr. H. Mohsen menuturkan bahwa kiprah pelayanan KUA yang ada di daerah sesungguhnya cerminan kiprah Kementerian Agama. Jika didalam penilaian pelayanan yang KUA berikan tidak maksimal dan tidak menunjukan prilaku yang baik, tidak memiliki integritas, itu akan mampu mempengaruhi kiprah Kementerian Agama di mata masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan Direktur di hadapan 30 peserta utusan KUA se Kepri dalam kegiatan Bimbingan Teknis Standarisasi Layanan KUA yang diselenggarakan oleh Bimas Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri Seksi Kepenghuluan dan Pemberdayaan KUA di Hotel Comport Tanjungpinang, Rabu (5/4) pagi.

Lanjut Mohsen, melihat begitu besarnya beban yang ada dipundak para KUA, maka perlu dilengkapi dengan berbagai cara yang mampu memberikan warna pada Kementerian Agama. Cara tersebut sebut Mohsen diantaranya, pertama, KUA itu harus memiliki dan memahami pengetahuan tentang teknologi. Ini menurutnya merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki jika ingin mewujudkan masyarakat yang berkembang. Karena bagaimanapun system saat ini sudah serba aplikasi.

Kedua, KUA harus gaul dan melakukan inovasi. Untuk itu para KUA yang merupakan cerminan masyarakat tersebut harus terus mengasah diri, bergaul, membangunan komunikasi yang efektif dengan lintas sektoral yang ada, sehingga tidak terkesan diam ditempat, menerima apa adanya. Tapi melakukan inovasi-inovasi kearah yang lebih baik. Ketiga, perkuat KUA dengan pengetahuan bahasa, terutama bahasa asing seperti bahasa Arab atau Inggris.

Keempat, pahami bahwa KUA bagian dari globalisasi dunia. Bermunculan paham-paham keagamaan dewasa ini sikapi itu semua dengan bijak, tidak ekstrim dan semua itu adalah rahmat bagian sunnatullah. "Namun yang terpenting bagaimana kemampuan kita membangun paham agama yang moderat atau saling menghargai," ujarnya waktu itu.(bad70/yd)

168

Berita Terkait