Rabu 06 Juli 2022

Berita

45 Siswa MAN IC Batam Ikuti OSN 2022 Tingkat Kota Batam

24-05-2022


* 45 Siswa MAN IC Batam Ikuti OSN 2022 Tingkat Kota Batam

Batam (MAN IC)---Sebanyak 45 siswa MAN Insan Cendekia (IC) Kota Batam akan mengikuti kompetisi Olimpiade Sains Nasioanl (OSN) Tingkat Kota Batam yang dimulai hari ini, Selasa-Rabu, 24-25 Mei 2022. Para siswa tersebut merupakan siswa terpilih yang didelegasikan untuk bersaing pada event tahunan tersebut.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. OSN dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains, dan juga ditujukan  untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional.

Pada tahun ini, OSN mengusung  tema "Sains Pulihkan Negeri" dengan mencakup bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Dari 9 bidang mata lomba tersebut, MAN IC Batam mendelegasikan 5 orang siswa tiap bidangnya.  Berikut adalah nama-nama siswa tersebut:

Bidang Matematika: Syahid Akbar Pasya (XI MIPA 1), Daniswara (X MIPA 1), Cinta Ramadhani (X MIPA 3), Muhammad Hafiz (XI MIPA 3), Dinda Rizki Jayanti (X MIPA 1). Bidang Fisika: Kaylan Fairuza Aqila (XI MIPA 1), Muhammad Fathan Nugroho (X MIPA 1), Arkham Zaidan P (XI MIPA 1), Farhan Trizuliandi Sitompul (X MIPA 2), Ahmad Zaidan Dwiyanto (XI MIPA 1).

Bidang Kimia: Asy Syifa Aslam S (XI MIPA 2), Syafiq Aufa Rahman (XI MIPA 2), Aliyah Ramadhani Harifuddin (X MIPA 3), Hasna Fadhilah RA (X MIPA 1), Nesya Yosi P.S (X MIPA 3). Bidang Ekonomi: Fauziah Nur Ajijah Adilah (XI IPS), Hasna Zahara Aiko (XI IPS), Fari' Abiyyu (X IPS), Adinda Nur Aulia (X IPS), Arini Maitsa Arsy (X IPS).

Bidang Geografi: Khusnia Ayunawati (XI IPS), Erizal (XI IPS), Hasnah Dzakiyah Balqis (X IPS), Habib Hakim (XI IPS), Arfa Nasyahla (XI IPS). Bidang Astronomi: Listyo Arif Wicaksono (XI MIPA 3), Andi M Ryan Maulana (XI MIPA 1), Karina (XI MIPA 3), Muhammad Syafiq Kamil (X MIPA), Muhammad Faisal Al Arif (X MIPA 1), Andrea Zhafina Kahla (XI MIPA 3).

Bidang Kebumian: Angga Rahmat Ramdhani (XI MIPA 1), Agung (X MIPA 1), Muhammad Rayyan Akhsan (XI MIPA 3), Naufal Eza Pradana (X MIPA 3). Bidang Informatika: Muhammad Arif Rifki (XI MIPA 2), Hammam Awis (XI MIPA 3), Muhammad Fakhri U (XI MIPA 3), Khalit Putra Afana (X MIPA 1), Athaya Ra’uf Al-Bani (X MIPA 2). Bidang Biologi: Aqilah Hanifah P (X MIPA 2), Nadhifah Ghina Aiskha (X MIPA 2), Safa Diandra Kusumawardhani (X MIPA 3), Salwa Zafirah (X MIPA 2), Farrel Muhammad A (X MIPA 3).

Beberapa saat menjelang pelaksanaan lomba dilaksanakan, Kepala MAN IC Batam, Rudianto memberikan motivasi dan arahan kepada para siswa. Ia mengajak siswa untuk memiliki semangat juang dan motivasi yang tinggi. “Untuk sukses dalam berjuang, tentu dibutuhkan persiapan yang matang. Selain itu, memiliki semangat adalah salah satu kunci keberhasilan. Banyak orang jatuh bukan karena lupa materi lomba, tetapi karena mental yang lemah dan semangat yang rendah,” ungkapnya.

Ia mengingatkan bahwa rasa semangat itu 50% dapat menentukan kemenangan. Menurutnya, orang yang kurang semangat, walau persiapan matang akan dikalahkan oleh orang yang bertarung dengan semangat walau kurang persiapan. 

Rudianto pun mengajak semua siswa untuk tidak lupa berdoa, memohon pertolongan dan kemudahan pada Allah SWT. “Setelah upaya dan usaha telah dilakukan, maka ada kekuatan yang tidak boleh dilupakan, yaitu doa. Doa dapat mengumpulkan upaya dan usaha agar mencapai apa yang diniatkan. Selama niatnya baik, insya Allah akan dimudahkan,” pesannya.

“Silahkan ikuti kompetisi ini dengan gembira. Ingat jargon kita, BELAJAR ADALAH IBADAH, PRESTASI UNTUK DAKWAH, ucap Rudianto di depan seluruh siswa MAN IC Batam.

Rudianto pun berharap, prestasi OSN tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Mari kita dooakan siswa kita agar dimudahkan dan diberikan hasil terbaik. Mudah-mudahan tahun ini hasilnya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Agus)

84

Berita Terkait