Rabu 06 Juli 2022

Berita

36 SISWA/I MAN 1 NATUNA BERKOMPETISI DI OSN-K TAHUN 2022

25-05-2022


* 36 SISWA/I MAN 1 NATUNA BERKOMPETISI DI OSN-K TAHUN 2022

MAN 1 Natuna ( HUMAS ) - OSN merupakan akronim dari Olimpiade Sains Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. OSN merupakan perubahan nama dari KSN (Kompetisi Sains Nasional). Para peserta OSN diseleksi secara berjenjang mulai dari seleksi tingkat Sekolah/ Madrasah (OSN-S), kemudian para juara akan melanjutkan kompetisi tingkat Kabupaten yaitu OSN-K, dan selanjutnya ke tingkat Provinsi dan Nasional. Adapun mata pelajaran yang dikompetisikan pada OSN meliputi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, Kebumian, Astronomi, dan Informatika

Pada tahun 2021 perwakilan siswa/i MANSANA yang berkompetisi di ajang OSN Tingkat Kabupaten Natuna sebanyak 5 anak. Sedangkan di tahun 2022 saat ini, siswa/i MANSANA yang bertanding di OSN-K mengalami peningkatan sebanyak 36 anak.

“Peningkatan jumlah peserta OSN-K dari MANSANA merupakan salah satu bentuk realisasi program Madrasah Aliyah Negeri 1 Natuna, yaitu Satu Anak Satu Prestasi. Meskipun pada kenyataannya, sudah banyak anak-anak yang memiliki lebih dari 1 prestasi di Madrasah. Namun, kami dari pihak Madrasah menetapkan standar minimal tersebut bahwa masing-masing peserta didik harus terus dikembangkan bakat dan minatnya sampai berprestasi, mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, bahkan tingkat Nasional,” ujar Hj. Fatimah, S.Pd., MM. Kepala MAN 1 Natuna.

Pelaksanaan OSN-K berlangsung secara semi daring menggunakan aplikasi ExamBrowser PUSMENJAR melalui 2 tahapan, yaitu tahapan pertama merupakan Simulasi Uji Coba yang dilaksanakan pada tanggal 17 s/d 19 Mei 2022 dan tahapan kedua pelaksanaan OSN-K selama 3 hari, mulai dari tanggal 23 s/d 25 Mei 2022.

Pada tanggal 23 Mei 2022 dilakukan tahapan Sinkronisasi Data yang dilaksanakan oleh Proktor dan Teknisi. Pada tanggal 24 Mei 2022 merupakan pelaksanaan kompetisi bidang lomba Fisika, Biologi, Ekonomi, dan Geografi yang diikuti oleh 16 peserta dari MANSANA. Sedangkan pada tanggal 25 Mei 2022 merupakan waktu pelaksanaan kompetisi bidang lomba Matematika, Informatika, Astronomi, Kebumian, dan Kimia yang diikuti oleh 20 peserta dari MANSANA.

Adapun panitia yang bertugas dalam pelaksanaan OSN-K di MAN 1 Natuna yaitu Hj. Fatimah, S.Pd., MM. Bertugas sebagai Penanggung Jawab, Alvi Yandri, S.UD sebagai Proktor, Lya Vita Ferdana, S.Si sebagai Teknisi, Fuji Rohyatin, S.Pd dan Hanafi, S.Pd sebagai Pengawas Ruang.  _LVF

65

Berita Terkait