Selasa 12 November 2019
Ats-tsulatsa 14 Rabiul Awal 1441

Berita

238 Titik Sholat Idul Adha Tersebar di Lingga

10-08-2019


* H.M.Nasir, S.Ag,M.H , Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lingga

(Kemenag Lingga)-- Umat muslim seluruh dunia akan merayakan Idul Adha 1440 H, pada Ahad, 10 Zulhijjah bertepatan 11 Agustus 2019. Rangkaian pelaksanaan Idul Adha identik dengan Idul Qurban ataupun penyembelihan hewan qurban. 

Khusus di Kabupaten Lingga berdasarkan data sementara yang diterima dari Kepala KUA Kecamatan bahwa jumlah titik sholat Idul Adha sebanyak 238 titik. "234 titik di Masjid dan Surau sedangkan 4 titik lagi di lapangan,"terang Abdurokhman, Kasi Bimas Islam Kemenag Lingga.

"Kita akui masih ada kekurangan terkait layanan data dan informasi titik sholat dan petugasnya. Hal ini disebabkan tidak semua daerah bisa merespon permintaan data yang kita minta secara langsung. Salah satunya disebabkan konektivitas jaringan komunikasi telpon yang kurang mendukung antar pulau apalagi jaringan internet. Kita fahami kawan-kawan KUA sudah bekerja dan berusaha keras untuk menghimpun data yang akurat,"jelas Abdurokhman.

"Selain itu, terkait nama-nama petugas sholat Ied di pulau-pulau yang diminta oleh berbagai pihak memang sulit kita penuhi. Kadang masjid dan surau penyelenggara sholat ied baru menentukan petugas sudah mepet waktunya. Bahkan tak jarang pagi sebelum pelaksanaan sholat baru diketahui siapa petugas sholatnya. Itulah kondisi kita hari ini. Tentunya kedepan hal semacam ini akan kita benahi secara pelan-pelan,"tambahnya.

Pihak Kepolisian sangat membutuhkan data dan informasi ini. Karena pihak Kepolisian bertugas untuk menjamin keamanan pelaksanaan di lapangan tanpa ada halangan.

"Kita pun sudah berfikir kedepan, bagaimana layanan data dan informasi bisa akurat dan cepat. Akan kita bangun integrasi data Polres Lingga diwakili Polsek, Kemenag Lingga diwakili KUA, sedangkan Pemkab Lingga melalui Kepala Desa. Saya rasa jika benar-benar terwujud kerjasama ini, data apa pun yang kita butuhkan akan cepat terkumpul. Karena pihak desa akan lebih cepat memberikan informasi kewilayahannya. Pasti Satu Lingga Satu Data akan terwujud,"harapnya penuh optimis.

Sedangkan total jumlah hewan qurban yang akan disembelih pada Idul Adha 1440 H, yakni 229 lembu dan 25 ekor kambing. Data ini bisa berubah naik menjelang 10,11,12,13 Zulhijjah. Karena pelaksanaan pemotongan dilaksanakan selama 4 (empat) hari.

Layanan data dan informasi keagamaan sangat penting guna pengambilan kebijakan untuk pembangunan kedepan. (zaid)

100

Berita Terkait