Jumat 06 Agustus 2021

Berita

2 Perwakilan Penyuluh Kepri Ikuti Bimtek Fasilitator Pelayanan dan Pendampingan Perkawinan dan Keluarga

19-06-2021


* Bimtek Fasilitator Pelayanan dan Pendampingan Perkawinan dan Keluarga

Batam (Kemenag)----Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitator Pelayanan Konsultasi dan Pendampingan Perkawinan dan Keluarga. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari dimulai dari tanggal 15 Juni 2021 hingga 18 Juni 2021 bertempat di Orchardz Hotel Jl. Industri, Gunung Sahari Jakarta Pusat. 

Kegiatan ini diikuti oleh peserta perwakilan 100 KUA Piloting Revitalisasi Layanan KUA se Indonesia. Dari Provinsi Kepri diikuti oleh Penyuluh Fungsional Kemenag Batam H. Achmad Ridho Amir yang kesehariannya berdinas sebagai Penyuluh Agama Islam PNS di KUA Batam Kota  dan Hariyun Sagita, Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Tanjungpinang Timur.

H. Achmad Ridho Amir ketika dihubungi mengungkapkan bahwa kegiatan bimtek ini sangat dibutuhkan oleh penyuluh, karena ini memberikan tambahan pengalaman dan ilmu dalam rangka peningkatan kinerja penyuluh sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, sesuai dengan tugas penyuluh yang merupakan corong pemerintah dalam menyampaikan pesan-pesan pemerintah melalui bahasa agama.

"Setiap calon pengantin yang akan menikah dan keluarga yang sudah menikah perlu dilakukan pendampingan dari segi agama dan kehidupan berumah tangga, sehingga mereka bisa kuat dan ulet dalam menjalani Rumah tangga menuju Sakinah mawaddah warahmah yang hakiki," ujarnya.

Acara dibuka oleh Plt Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Gus Adib Mahrus sekaligus beliau bertindak sebagai Narasumber utama, dibantu oleh para pakar Psykolog Lulusan UI dan perguruan tinggi lainnya yang memang sudah menjadi praktisi dibidang konselling.

Dalam kesempatan tersebut Gus Adib berharap bahwa sebagai penyuluh (PNS/Non PNS) kita harus hadir mewakili Negara memberikan Layanan sebaik baiknya, membimbing, mendampingi masyarakat dalam menyelesaikan persoalan keagamaan dengan layanan prima, kredibel dan moderat.

Senada dengan Plt. Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Ibu Alissa Wahid menyampaikan sebagaimana juga arahan Menag RI Gus Yaqut, bahwa KUA adalah etalase Kementerian Agama di tengah masyarakat. KUA sebagai Mabadi' khairu ummah, rintisan untuk kebaikan dan kemashlahatan ummat.
------
Sumber H. Achmad Ridho Amir



 

192

Berita Terkait