Jumat 19 Juli 2019
Al-Jumuah 16 Dzulka'dah 1440

Berita

165 JCH Kabupaten Karimun 1440 H/2019 M Ikuti Bimbingan Manasik Haji.

17-06-2019


* 165 JCH Kabupaten Karimun 1440 H/2019 M Ikuti Bimbingan Manasik Haji, Sabtu (15/6/2019)

Karimun (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Penyelenggaraan Haji mulai melaksananakan bimbingan Manasik Haji bagi 165 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun yang akan berangkat pada tahun 1440 H/2019 M.

Kegiatan bimbingan Manasik Haji bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Karimun H. Aunur Rafiq, Sabtu lalu (15/6/2019) di Aula Darun Nadwah Masjid Agung Kabupaten Karimun.

Tampak hadir dalam pembukaan Manasik Haji tahun 1440 H/2019 M, Ka. Kemenag Kabupaten Karimun, Kabag Kesra Pemda Karimun, Dinas Kesehatan Karimun, Bank BPS dan sejumlah undangan lainnya.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), H. Endang Sry Wahyu yang juga Panitia Pelaksana Bimbingan Manasik Haji tersebut dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan Manasik Haji ini merupakan pembukaan dari rangkaian kegiatan Manasik yang akan dilaksanakan di tingkat kecamatan sebanyak 8 kali dan akan ditutup pada Senin, 8 Juli 2019 mendatang sekaligus sebagai pemantapan Manasik Haji.

“Kegiatan manasik haji ini merupakan bagian dari pembinaan dan pelayanan, dan ini menjadi salah satu tugas pemerintah sebagaimana diatur dalam undang-undang Nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.” Jelas H. Endang Kasi PHU.

Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan Manasik Haji ini, masih menurut penjelasan H. Endang adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada calon jamaah haji tentang ilmu manasik haji serta tentang kesehatan haji dan barang bawaan.

Jumlah peserta yang hadir merupakan gabbungan dari semua kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun berjumlah 165 orang terdiri atas dari Kecamatan Karimun 41 orang, Kecamatan Meral 38 orang, Kecamatan Tebing 24 orang, Kecamatan Meral Barat 3 orang, Kecamatan Kundur 33 orang, Kecamatan Kundur Utara 6 orang, Kecamatan Kundur Barat 7 orang, Kecamatan Ungar 2 orang, Kecamatan Belat 3 orang, Kecamatan Durai 5 orang dan Kecamatan Moro 3 orang.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 8.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB tersebut diisi dengan penyampaian materi oleh dua narasumber yakni Kepala Kemenag Kabupaten Karimun H. Jamzuri yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Endang Sry Wahyu yang menyampaikan materi tentang Proses Perjalanan Ibadah Haji Gelombang Kedua.

 “Dan pada tanggal 8 Juli 2019 mendatang sebagai penutup dan pemantapan manasik haji ada dua narasumber lagi, yakni Kabid Penyelenggaran Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kepri H. Afrizal yang akan menyampaikan materi tentang Bimbingan Manasik Haji dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Drs. Rachmadi Apt. M.Ap. yang akan menyampaikan materi tentang Kebijakan Pelayanan Kesehatan Haji.” Tutupnya.
Penulis: Muntazhir
Editor: Hatiman
 

73

Berita Terkait