Rabu 15 Agustus 2018 | Al-Arba'a', 03 1440

Berita

Karimun Juara Umum MTQ Provinsi Kepri

15-05-2018

*

(Kemenag Lingga) -- Perhelatan akbar MTQ tingkat Provinsi Kepri yang berlangsung sejak 6-14 Mei 2018 di Singkep Pesisir Kabupaten Lingga resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Kepri, Isdianto.

Hadir ditengah undangan Gubernur Kepri, Anggota DPRD, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, para pimpinan instansi vertikal,pimpinan OPD.

Acara penutupan sempat terkendala karena hujan deras dan aliran listrik mati. Semula dijadwalkan mulai pukul 20.00 wib akhirnya molor hingga 2 jam. Tampak Bupati Lingga sibuk berkoordinasi dengan panitia di arena. Sementara Gubernur Kepri sudah lama sampai di panggung.

Ketua LPTQ Provinsi Kepri, T. S. Arif Fadhillah dalam sambutannya menyampaikan tentang bahwa pelaksanaan MTQ selama 7 hari berjalan dengan lancar. "Sebanyak 256 peserta sudah tampil dengan prima. Mulai malam taaruf, pawai taaruf, stand bazar, qasidah rebana sudah berlangsung dengan sangat baik,"ucap Sekda Provinsi.

"Kepada para pemenang akan diberikan hadiah sebagai motivasi untuk terus mempertahankan prestasi. Ucapan terimakasih kepada Pemkab Lingga dan sekaligus seluruh masyarakat Lingga yang sudah mendukung kelancaran pelaksanaan MTQ hingga selesai,"tambahnya.

Dikatakannya lagi, berdasarkan hasil Musyawarah Daerah LPTQ memutuskan bahwa tahun 2020 nanti yang menjadi tuan rumah MTQ VIII adalah Anambas dan Tanjung Pinang. "Akan kita bahas lagi secara khusus bersama Pemkab Anambas, pengurus LPTQ dan pihak terkait,kemudian baru kita putuskan tuan rumahnya,"kata T. S. Arif Fadhillah.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang.
"Bagi yang belum juara terus belajar dan berusaha kedepan. Pokoknya jangan cepat puas dan pasrah,"pesan Isdianto, Senin(14/5) di astaka utama.

"MTQ boleh saja ditutup namun pembinaan dan pelestarian nilai Al Quran jangan sampai terhenti disini. Hidupkan TPQ di masjid dan surau. Jadikan Qori-qori yang sudah baik dan berprestasi ini sebagai imam masjid dan surau ditempat masing-masing. Mari kita sukseskan program maghrib mengaji di Kepulauan Riau,"ajak Isdianto.

Isdianto juga mengajak kepada Pemerintah daerah untuk membangun partisipasi masyarakat Kepri dalam mengembangkan nilai-nilai Quran."Pemerintah tidak akan mampu berjalan sendiri karena semuanya butuh dukungan dan sinergi dengan masyarakat,"tambahnya.

Berdasarkan hasil pengumuman yang disampaikan Sekretaris Dewan Hakim,Afrizal bahwa Kabupaten Karimun meraih 131 poin, Batam 118 poin, Kabupaten Lingga 50 poin,  "Sehingga berdasarkan pengumpulan poin, maka Kabupaten Karimun berhak memboyong piala bergilir juara umum tingkat provinsi Kepri ke-7,"kata Afrizal.

Sedangkan untuk lomba rabana juara 1 Kota Batam, juara 2 Kabupaten Karimun dan juara 3 Kabupaten Lingga untuk stand bazar juara 1 Kota Tanjung Pinang, juara 2 karimun dan juara 3 Kabupaten Kepulauan Anambas.

Usai pengumuman pemenang dilanjutkan dengan pembagian hadiah oleh Gubernur Kepri didampingi Bupati Lingga serta para pimpinan OPD.

Edi Batara, Kepala Kantor Kemenag Lingga sebagai pembaca do'a pada acara penutupan MTQ VII tingkat Provinsi Kepri. Malam penutupan juga dimeriahkan oleh artis religi Puja Syarma dan Ust. Hadi dengan lantunan shalawat yang memukau penonton. (zaid)

2309

Berita Terkait