Minggu 17 Januari 2021

Berita

Kemenag Bintan Rapat Panitia Perdana Peringatan HAB ke- 75

24-11-2020


* Kemenag Bintan Rapat Panitia Perdana Peringatan HAB ke- 75

(Kemenag Bintan) – Selasa (24/11/2020), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan menggelar rapat panitia perdana peringatan HAB (Hari Amal Bakti) Kementerian Agama ke- 75. Rapat perdana yang bertempat di Gedung Aula Kemenag Bintan ini bertujuan mengoreksi hasil pembentukan kepanitiaan pada rapat dinas bulan November lalu dan memerincikan kegiatan yang akan digelar.

Rapat dipimpin oleh Kasubbag TU Kemenag Bintan sebagai Ketua Panitia: H. Syahjohan, S.Ag.,M.Si. dan hanya di hadiri oleh Wakil Ketua I: H. Muhamad Ridwan, S.Ag. dan Wakil Ketua II: Mulyadi, S.Ag., serta Ketua masing-masing Koordinator kegiatan yang tercantum di dalam SK (Surat Keputusan).  Hal ini diputuskan untuk menghindari pengumpulan massa lebih dari 50 orang dan membuat rapat lebih terfokus. Rapat tersebut juga terkoneksi secara virtual acara Pisah Sambut Kakanwil Kemenag Kepri yang berlangsung di Kanwil Kemenag Kepri melalui aplikasi Zoom.

Dalam rapat tersebut disebutkan bahwa kegiatan pertama peringatan HAB ke- 75 di lingkungan Kantor Kemenag Bintan adalah Seminar yang dilaksanakan di kampus STAIN SAR Kepri pada tanggal 27 November 2020. Setelah itu, diikuti dengan kegiatan Bedah Buku pada tanggal 29 November 2020 yang direncanakan di Aula Kanwil Kemenag Kepri. Kedua kegiatan ini juga dikemas secara virtual agar dapat diikuti secara tidak terbatas bagi khalayak.

Untuk kegiatan Seminar, Kasubbag TU, Syahjohan menegaskan untuk segera berkoordinasi dengan pihak STAIN SAR Kepri guna melancarkan persiapan tempat dan teknis. “Kepada panitia yang bertanggung jawab pada kegiatan Seminar untuk bergerak cepat melakukan koordinasi dengan STAIN SAR. Saya memohon kepada semua penulis dan yang telah mengikuti pelatihan menulis agar dapat berpartisipasi pada 2 kegiatan ini.” Ucap Johan.

Mengenai kegiatan lomba Pojok Literasi di tingkat Madrasah, Johan menyampaikan bahwa Kantor Kemenag Bintan akan mengirimkan surat kepada madrasah se- Kabupaten Bintan untuk mempersiapkan Pojok Literasi di setiap kelas. Untuk penilaiannya, secara teknis dimulai dari usulan yang dibuat madrasah ke Kantor Kemenag Bintan yang kemudian untuk ditinjau langsung oleh Para Pengawas untuk mengkonfirmasi nilai tersebut.

Mengenai penyerahan Piagam Penghargaan Guru Inspiratif yang rencananya dilaksanakan bersamaan dalam acara Seminar maupun Bedah Buku, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah: Hj. Khotijah, S.Ag., M.Pd.I. mengusulkan agar penilaian dilakukan sepanjang tahun karena kriteria penilaian Guru Inspiratif ini berat. “Harus dilihat apakah murid yang dididiknya benar-benar menghasilkan karya atau berprestasi, dan apakah Guru tersebut menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan sesama pegawai internal sekolah.” Ungkap Khotijah yang kemudian diamini oleh Kasubbag TU.

Untuk kegiatan Syukuran HAB sekaligus Temu Tokoh Umat Beragama, Johan meminta akan dibahas secara lebih lanjut pada rapat selanjutnya. Namun berdasarkan arahan dari atasan menyebutkan agar dibuat Piagam Penghargaan bagi Tokoh Moderasi Beragama di tiap Kecamatan yang dipandang berhak mendapatkan penghargaan tersebut oleh Kepala KUA Kecamatan.

“Dalam kegiatan Syukuran ini nanti juga akan dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Kontributor Berita sepanjang tahun 2020. Hal ini bertujuan untuk menghargai kontribusi jajaran pegawai di lingkungan Kemenag Bintan dalam usaha menyampaikan informasi pelayanan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing. Saya harap pada tanggal 23 Desember sudah ada daftar nama yang akan menerima penghargaan ini.” Imbuh Johan.

Untuk diketahui, HAB Kementerian Agama jatuh setiap tanggal 03 Januari. Umumnya, rangkaian kegiatan telah dimulai pada awal Desember hingga Januari. Namun, dikarenakan pada bulan Desember terdapat hari libur cuti bersama yang panjang, sehingga jadwal kegiatan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang memungkinkan, terlebih di tengah pandemi Covid-19.
 
Dalam rapat tersebut juga membahas Upacara peringatan Hari Guru Nasional 2020 yang jatuh pada tanggal 25 November 2020. Upacara tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Bintan dengan pengibaran bendera merah putih dan mendengarkan lagu Mars dan Hymne Guru Madrasah. Sebagai antisipasi akan turunnya hujan, disiapkan dua tempat yakni di halaman dan di Gedung Aula Kantor Kemenag Bintan dengan rundown Upacara yang menyesuaikan tempat pelaksanaan. Pada Upacara HGN 2020 tersebut rencananya juga dilakukan penyerahan piala bagi juara MTQ Santri Pondok Pesantren/TPQ/MDT dalam rangka peringatan Hari Santri 2020 dan juara lomba Pidato tingkat MTs se- Kabupaten Bintan dalam rangka peringatan Maulid Nabi yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober dan awal November lalu. (amilia)
 

101

Berita Terkait