Minggu 28 Februari 2021

Berita

Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Pemilihan Agen Perubahan.

13-01-2021


* Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Pemilihan Agen Perubahan.

Tanjungpinang (Humas)-Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau menggelar pemilihan Agen Perubahan Tahun 2021. Kegiatan digelar di Aula Kanwil Kemenag Kepri, Rabu, 13 Januari 2021.

Pemilihan Agen Perubahan ini diperuntukan bagi para ASN Kanwil Kemenag Kepri yang aktif dan mempunyai visi ingin membawa perubahan lebih baik. Pemeilihan Agen Perubahan merupakan salah satu item gerakan Program Reformasi Birokrasi Kemenag Kepri. Para pemilih adalah seluruh ASN Kanwil Kemenag Kepri. 

Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri H. Abu Sufyan mengatakan  Agen Perubahan adalah individu/kelompok terpilih yang menjadi pelopor dan mampu menggerakkan perubahan sekaligus dapat berperan sebagai panutan dalam berperilaku yang mencerminkan lima nilai budaya kerja dan memiliki kinerja tinggi. Individu pada Agen Perubahan meliputi pimpinan dan/atau jabatan fungsional pelaksana pada Kanwil Kementerian Agama Kepulauan Riau dengan cara pemilihan manual. 

Kegiatan dimulai dengan penyampaian rencana aksi masing-masing calon agen perubahan.  H. Yusuf Hadamean, S.Ag misalnya, menawarkan rencana aksi dengan inovasi dalam bidang pembinaan dan bimbingan manasik haji. Katanya, kegiatan manasik haji selama ini 10 kali dilakukan pada tahun berjalan dan dirasa masih jauh dari ideal pemahaman manasik haji. 
Inovasinya yang ditawarkannya adalah dengan manasik haji dilakukan secara terus menerus sepanjang tahun dari awal tahun sampai akhir tahun.
H. Suparno, S.Ag menawarkan inovasi dengan meluncurkan sistem komunikasi online pelayanan prima yang berbasis pada PTSP online untuk mengurangi risiko tatap muka yang memudahkan masyarakat. 

H. Mukhsin, S.Ag menawarkan inovasi optimalisasi wakaf produktif karena selama wakaf masih berupa aset tetap yg kurang likuid. Terobosannya dengan merilis wakaf uang dengan kemudahan akses dari para wakif dengan aplikasi mobile banking. 

Dra. Sutarti, menawarkan inovasi dengan meluncurkan program madrasah keagamaan pada madrasah reguler. Menurutnya, program unggulan MAN program keagamaan sebagai salah satu peminatan keunggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama.

H. Muhammad Widarto, SH menawarkan Simanja dan Sidollah. Melalui aplikasi Simanja akan terwujud integrasi antara sistem presensi dengan penilaian kinerja secara online. Sementara Sidolah untuk memudahkan tata kelola dokumen dan naskah berbasis cloud system yang lebih canggih. 

Syahbudi, S.Kom menawarkan aplikasi sistem pengarsipan bidang Pakis yang meliputi arsip surat masuk dan keluar, kegiatan, regulasi, foto, film, dan lain lain.
Isnaini, menawarkan sistem informasi pengarsipan data pontren secara elektronik.

Shinta Dewanti, SE menawarkan pembuatan Record Center yang khusus digunakan untuk menyimpan arsip inaktif untuk memudahkan setiap pegawai dan masyarakat untuk mengakses arsip yang dibutuhkan.

Sementara Sri Hartini, SH menawarkan optimalisasi program sertifikasi halal dengan menggunakan produk halal bagi ASN dalam mendukung gerakan halal untuk Indonesia
Dan terakhir Nur Maulida menawarkan aplikasi ruang belajar madrasah yang berisi video animasi pembelajaran, video interaktif pembelajaran, latihan soal, pembelajaran jarak jauh, yang bisa diakses seluruh guru dan siswa.

Setelah dilakukan pemilihan, maka agen perubahan yang terpilih antara lain
Agen Perubahan Pejabat Eselon III H. Subadi, S.Ag,.M.Si (Kabid Pendidikan Madrasah)

Agen perubahan Pejabat Eselon IV yang terpilih:
H. Suparno, S.Ag 
H. Yusuf Hadamean, S.Ag 
Dra. Sutarti 

Agen perubahan pada pelaksana yang terpilih;
H. Muhammad Widarto, SH. 
H. Syahbudi, S.Kom
Nur Maulida, S.Kom. 
 

57

Berita Terkait