Pembimas Hindu Hadiri Lomba Lagu Bhagavad-Gita DPP PERADAH Prov. Kep. Riau

Oleh admin    15-12-2016 02:41:18  

Batam (Humas)- Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Perhimpunan Pemuda Hindu (PERADAH) Prov. Kepulauan Riau menggelar Lomba Lagu Bhagavadgita, Sabtu (10/12) di Aula Pasraman Jnana Sila Bhakti. Acara diawali dengan Upacara pembukaan. Hadir pada kesempatan itu Guru Maharaj Atmani Vedana Svami, Pembimas Hindu pada Kanwil Kementerian Agama Prov. Kepulauan Riau, Ketut Suardita, S.Pd, M.Pd, Ketua Parisada Prov. Kepulauan Riau, Ir. I Wayan Jasmin, Ketua Paruman Walaka, Drs. I wayan Catra Yasa, MM, Pengurus WDHI Prov. Kepualauan Riau, Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Ketua Parisada Kota Batam, Ketua Badan Otorita Pura, Ketua WHDI Kota Batam, dan ketua organisasi Hindu lainnya.

Dalam sambutannya Putu Desy berharap bahwa semua peserta lomba harus sportif, dan siapapun yang menang harus mengormati yang kalah dan kalah tetap berlapang dada. Semua yang hadir di sini adalah pemenang dharma. Tujuan dari kegiatan ini tidak sekedar mencari kemenangan akan tetapi memberikan pesan moral kepada para generasi muda Hindu dan umat Hindu melal media lagu. Putu Desy juga menjelaskan bahwa tema dari kegiatan ini adalah Bhagavad-Gita sebagai landasan untuk kemajuan generasi muda Hindu yang berakhlak mulia. Artinya sasaran utama dari kegiatan ini adalah generasi muda. Hal ini selaras dengan visi Peradah Indonesia yaitu menjadi pusat pergerakan generasi muda Hindu Indonesia berdasarkan Dharma. Sedangkan misi dari Peradah Indonesia adalah membentuk para pemimpin muda Hindu yang profesional berintegritas dan menumbuhkan wirausaha muda Hindu untuk mencapai kesejahteraan bersama. Tidak lupa Putu Desy mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara ini.

Pada kesempatan itu Wayan Jasmin selaku ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Prov. Kepulauan Riau juga memberikan pesan moral kepada generasi muda melaluui sambutannya. Wayan menjelaskan bahwa Parisada Prov, Kep. Riau memberikan apresiasi yang tinggi kepada DPP PERADAH Kepulauan Riau. Pemuda harus bangkit dan menjadi pelopor agen perubahan pembinaan umat dan sebagai mitra Parisada selaku Mejelis Hindu.

Selanjutnya Pembimas Hindu pada Kanwil kementerian Agama, Ketut Suardita juga memberikan sambutan pada acara ini. Ketut Suardita menjelaskan nilai-milai Peradah Indonesia. Nilai-nilai keteladanan yang menjadi dasar dan karakter organisasi serta anggota organisasi adalah Sathyamitra yang artinya menghargai sesama dan membangun kerjasama berlandaskan kejujuran dan ketulusan, Sadhana artinya melakukan swadharma sebagai bentuk disiplin spiritual, Sevanam yaitu melakukan pelayanan dan karya-karya nyata bagi umat dan masyarakat luas sebagai upaya merealisasikan nilai-nilai dharma, Samskara yang artinya menjadi agen perubahan bagi pembaharuan yang berguna bagi umat manusia dan Santosa yang artinya bijaksana dalam membangun ketentraman, keharmonisan dan kesejahteraan bersama. Ketut juga didaulat untuk membuka acara Lomba Lagu Bhagavad-Gita secara resmi. Pembimas Hindu juga didaulat untuk menjadi salah satu dwean juri Lomba Lagu Bhagavadgita.

Pada kesempatan berikutnya adalah sambutan dari kepala Biro Kesra Pemko Denpasar. Dalam Sambutannya Kepala Biro mengajaka umat Hindu untuk terus menigkatkan sradha dan bhakti guna menghadapi tantang kehidupan di zaman Kali Yuga. Selanjutnya kepada Biro dan DPK PERADAH Denpasar menyerahkan bantuan peralatan sembahyang kepada Badan Otorita Pura Agung Amerta Bhuana dan bantuan buku keagamaan kepada Pasraman Jnana Sila Bhakti. Dan pada kesempatan itu Pembimas Hindu memberikan piagam penghargaan kepada Pengurus DPK PERADAH Denpasar. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Weda Wakia atau Sabda Suci Tuhan dalam Kitab Bhagavad-Gita yang dibawakan oleh Komang Sumi dan Komang Rika dari DPP PERDAH Kep. Riau dilanjutkan persembahan lagu kerohanian oleh siswi Pasraman Jnana Sila Bhakti dengan judul Jaya Bhagavad Githa.

Dilanjutkan bhajan/kirtanam atau menyanyikan nama suci Tuhan yang dipimpim oleh Guru Maharaj Atmani Vedana Svami dan diterjemahkan oleh I Putu Sumardhaya. Tibalah pada acara yang ditunggu tunggu yaitu lomba Lagu Bhagavad-Gita. Loma ini diikuti oleh 5 (lima) Banjar (organisasi Hindu) se-Kota Batam dan perwakilan umat Hindu Kota Tanjung Pinang dan Kabupaten Bintan. Total ada 7 (tujuh) peserta yang ikut. Semua peserta wajib membawakan 1 lagu wajib dengan judul ”Demi Yang Lain” karya Prabhu Dharmayasa. Serta lagu pilihan yang kesemuanya adalah lagu karangan Prabhu Dharma Yasa lainnya seperti penyembah terbaik, laksana manaklukkan angin dan lainya. Semua mengikuti dengan antusias dari awal sampai akhir. Di akhir acara ada persembahan lagu dari Bintang tamu dari Bali dengan judul Sanjiwani yang dibawakan dengan sangat apik dan menarik. Tibalah pada pengumuman lomba. Banjar Nagoya keluar sebagai juara I, disusul Batu Aji Timur di posisi ke-2 dan Tiban di posisi nomor 3. Semua adalah juara Kemanangan hanyalah bonus dari usaha dan kerja keras. Tetapi tujuan utama dari acara ini adalah memberi pesan moral pada generasi muda untuk terus berkarya. (Eko Prasetyo2016).

Berita Terbaru

17-10-2017 03:56:25

Madrasah Batam Siap Laksanakan UNBK

17-10-2017 03:33:47

Dalam Sehari, Kakankemenag Batam Selesaikan Tujuh Agenda Kerja

17-10-2017 02:57:17

H. Imam Subekti : Jaga Nama Baik Institusi

17-10-2017 11:30:57

Abu Sufyan: Penyaluran PIP Di Kepri Sudah 60 %

17-10-2017 11:29:48

Kakanwil Kemenag Kepri Serahkan Bantuan Insentif Guru TPQ Dan MDT

17-10-2017 11:21:35

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan melaksanakan Apel bersama

16-10-2017 03:39:36

Jadi Pewicara di RBTM, Khaidir Sampaikan Kinerja BAZNAS Kabupaten Lingga

16-10-2017 02:24:58

Lakukan Pendataan, Kara Bimas Budha Kemenag Lingga Menyambangi Instansi, Sekolah dan Rumah Ibadah

16-10-2017 02:18:14

Pujawali Pura Satya Dharma Kota Batam

16-10-2017 01:55:23

Ini Kesan Petugas Kloter Endang Sry Wahyu Selama Membimbing Jamaah Haji