Tiga Indikator Keberhasilan Sebuah Organisasi Atau Lembaga

Oleh terrik    06-09-2016 04:03:00  

Sekupang (Humas)- Paling tidak ada tiga hal yang menjadi indicator atau ukuran tingkat keberhasilan sebuah organisasi atau lembaga. Apabila terpenuhi ketiga indicator itu, bisa dipastikan organisasi atau lembaga tersebut dikatakan berhasil. Tiga indicator itu adalah : (1) Kecepatan waktu pelaporan; (2) Persentase jumlah pelanggan; dan (3) Hubungan internal. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulikfli  saat memimpin apel pagi di Halaman Kantor Kemenah Kota Batam Jl. Mesjid Baiturrahman Sekupang, Selasa (6/9). Hadir dalam apel tersebut pejabat dan pegawai  kemenag Kota Batam, Kepala Kantor Urusan Agama se Kota Batam, penyuluh agama dan tenaga honorer kemenag Batam.

Dijelaskannya, sebuah organisasi atau lembaga yang berhasil tergambar dari laporan yang dibuatnya dan kecepatan waktu penyelesaiannya. Sebagai contoh Zulkifli menggambarkan, bagian keuangan dapat di katakan berhasil apabila  laporan yang di buatnya cepat waktu dan dilakukan sesuai dengan aturan.

“Kita pernah mendapat predikat terbaik di bidang keuangan, karena laporan yang kita buat paling cepat,” kata Zulkifli.

Lanjutnya, indicator kedua dari sisi pelayanan tentang persentase jumlah pelanggan atau tamu yang datang. Ini di masukkan dengan catatan bahwa, kita bisa melihat dan membandingkan antara tahun sekarang dengan tahun kemaren atau tahun yang akan datang. Apakah jumlahnya semakin meningkat atau sebaliknya makin menurun. Jika semakin meningkat, itu artinya pelanggan yang datang merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan, jelas Zulkifli.

Tapi sebaliknya jika tidak, maka kita harus berbenah diri, memperbaiki mana yang kurang, dan lebih meningkatkan pelayanan, sambungnya.

Indikator ketiga yang tidak kalah penting adalah hubungan Internal terutama menyangkut masalah absensi. Absensi merupakan sebuah kewajiban bagi setiap pegawai, karena kehadiran mereka akan terpantau. Apabila pegawai merasakan hubungan yang kuat antara dirinya dengan tempat dimana mereka bekerja, maka kecintaannya untuk berbuat yang terbaik akan mereka berikan, jelas Zulkifli.

“Mari kita buat laporan dengan cepat, tepat dan sesuai aturan, memberikan pelayanan yang terbaik dan menjalin hubungan internal di dalam lembaga, “ajak Zulkifli. (bad70/yd).

Berita Terbaru

17-10-2017 03:56:25

Madrasah Batam Siap Laksanakan UNBK

17-10-2017 03:33:47

Dalam Sehari, Kakankemenag Batam Selesaikan Tujuh Agenda Kerja

17-10-2017 02:57:17

H. Imam Subekti : Jaga Nama Baik Institusi

17-10-2017 11:30:57

Abu Sufyan: Penyaluran PIP Di Kepri Sudah 60 %

17-10-2017 11:29:48

Kakanwil Kemenag Kepri Serahkan Bantuan Insentif Guru TPQ Dan MDT

17-10-2017 11:21:35

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan melaksanakan Apel bersama

16-10-2017 03:39:36

Jadi Pewicara di RBTM, Khaidir Sampaikan Kinerja BAZNAS Kabupaten Lingga

16-10-2017 02:24:58

Lakukan Pendataan, Kara Bimas Budha Kemenag Lingga Menyambangi Instansi, Sekolah dan Rumah Ibadah

16-10-2017 02:18:14

Pujawali Pura Satya Dharma Kota Batam

16-10-2017 01:55:23

Ini Kesan Petugas Kloter Endang Sry Wahyu Selama Membimbing Jamaah Haji