Tiga Indikator Keberhasilan Sebuah Organisasi Atau Lembaga

Oleh terrik    06-09-2016 04:03:00  

Sekupang (Humas)- Paling tidak ada tiga hal yang menjadi indicator atau ukuran tingkat keberhasilan sebuah organisasi atau lembaga. Apabila terpenuhi ketiga indicator itu, bisa dipastikan organisasi atau lembaga tersebut dikatakan berhasil. Tiga indicator itu adalah : (1) Kecepatan waktu pelaporan; (2) Persentase jumlah pelanggan; dan (3) Hubungan internal. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulikfli  saat memimpin apel pagi di Halaman Kantor Kemenah Kota Batam Jl. Mesjid Baiturrahman Sekupang, Selasa (6/9). Hadir dalam apel tersebut pejabat dan pegawai  kemenag Kota Batam, Kepala Kantor Urusan Agama se Kota Batam, penyuluh agama dan tenaga honorer kemenag Batam.

Dijelaskannya, sebuah organisasi atau lembaga yang berhasil tergambar dari laporan yang dibuatnya dan kecepatan waktu penyelesaiannya. Sebagai contoh Zulkifli menggambarkan, bagian keuangan dapat di katakan berhasil apabila  laporan yang di buatnya cepat waktu dan dilakukan sesuai dengan aturan.

“Kita pernah mendapat predikat terbaik di bidang keuangan, karena laporan yang kita buat paling cepat,” kata Zulkifli.

Lanjutnya, indicator kedua dari sisi pelayanan tentang persentase jumlah pelanggan atau tamu yang datang. Ini di masukkan dengan catatan bahwa, kita bisa melihat dan membandingkan antara tahun sekarang dengan tahun kemaren atau tahun yang akan datang. Apakah jumlahnya semakin meningkat atau sebaliknya makin menurun. Jika semakin meningkat, itu artinya pelanggan yang datang merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan, jelas Zulkifli.

Tapi sebaliknya jika tidak, maka kita harus berbenah diri, memperbaiki mana yang kurang, dan lebih meningkatkan pelayanan, sambungnya.

Indikator ketiga yang tidak kalah penting adalah hubungan Internal terutama menyangkut masalah absensi. Absensi merupakan sebuah kewajiban bagi setiap pegawai, karena kehadiran mereka akan terpantau. Apabila pegawai merasakan hubungan yang kuat antara dirinya dengan tempat dimana mereka bekerja, maka kecintaannya untuk berbuat yang terbaik akan mereka berikan, jelas Zulkifli.

“Mari kita buat laporan dengan cepat, tepat dan sesuai aturan, memberikan pelayanan yang terbaik dan menjalin hubungan internal di dalam lembaga, “ajak Zulkifli. (bad70/yd).

Berita Terbaru

15-12-2017 12:17:06

Ka. Kanwil Usulkan Pembangunan Kantor Kemenag Anambas Kepada Komisi VIII DPR RI

14-12-2017 07:22:03

Kesan Ketua Komisi VIII DPR RI Terhadap MAN IC Batam

14-12-2017 07:02:56

Komisi VIII DPR RI Mengapresiasi MAN IC Batam

14-12-2017 06:56:14

Kunjungan Komisi VIII DPR RI ke Kota Batam

14-12-2017 06:48:10

Layanan Kemenag Ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam

13-12-2017 04:18:11

Kanwil Kemenag Kepri Dan Pokjawas Gelar Workshop Penelitian

13-12-2017 03:52:03

Drs. Erman : Terima Jodoh Apa Adanya

13-12-2017 03:28:58

MAN IC Batam Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

13-12-2017 10:09:23

Kemenag Batam Gelar Subuh Keliling Di Musholla Baabul Khoir

13-12-2017 08:52:02

Beri Materi Binwin, Ini Pesan Kakankemenag