Kamis, 20 April 2017, 08:42

Hasyim Pantau Pelaksanaan UAMBN di MTs Aqidatunnajin

Hasyim sedang berbincang dengan Kasi Pendis dan Kepala MTs

Lingga (Siaran Pemberitaan)-- Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) untuk Tahun Pelajaran 2016/2017 telah digelar serentak secara nasional sejak tanggal 17 April kemarin dan akan berakhir besok (20/04/2017). Erni Yunita, selaku ketua panitia penyelenggara menjelaskan bahwa untuk UAMBN kali ini disejalan langsung dengan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) dan UM (Ujian Madrasah).

"Untuk UAMBN dan USBN
berdasarkan jadwal besok sudah selesai, namun disambung lagi UM yang pelajarannya tidak diujikan pada UAMBN dan USBN, yang soalnya dibuat sendiri oleh sekolah". Terang Erni.
Adapun pelajaran yang diujikan pada UMBN, yaitu : Al-Qur'an Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih, SKI dan Bahasa Arab. Sedangkan USBN, PKn dan IPS.

Pada hari ketiga Pelaksanaan UAMBN ini, kepala Kementerian Agama Kabupaten Lingga, H. Hasyim ditemani H. Wan Hamzari selaku Kasi Pendis dan M. Sardi, Staf Pendis meninjau langsung pelaksanaan UAMBN di MTs Aqidatunnajin Daik. Menurut Wan Hamzari, kunjungan ini baru hari ini dapat dilakukan karena hari pertama kedua sedang ada dinas luar, memantau pelaksanaan USBN pelajaran PAI di salah satu SMP dan UAMBN MTs Negeri Lingga di Dabo Singkep.

Sedangkan Hasyim dalam kunjungan tadi lebih banyak memberikan arahan untuk kemajuan Madrasah ke depannya. Orang nomor satu di Kemenag Lingga ini juga banyak bercerita tentang beberapa sekolah agama yang sangat maju pada masa-masa lalu.

"Saya mengharapkan sekolah lebih banyak membuat kegiatan ekskul yang bersifat membentuk skill siswa, sehingga dengan demikian mindset orang tamat sekolah harus jadi pegawai, itu akan berubah,"jelas Hasyim.


Pria yang berlatar belakang guru ini juga mengharapkan, secara bertahap guru-guru harus memberikan pemahaman kepada siswa, bahwa materi-materi pelajaran yang bersifat duniawi sangat bisa menunjang kebutuhan ukhrawi.
"Hilangkan pemahaman, dunia ya dunia, akhirat ya akhirat,"tegas Hasyim.

Armain, selaku kepala Madrasah yang hadir dalam temu ramah bersama rombongan sangat antusias mendengarkan arahan dari kepala Kemenag tersebut. Bahkan Armain sempat menyampaikan keinginannya supaya H. Hasyim jika sudah pensiun nanti mau untuk menjadi konsultan pendidikan untuk Madrasah yang dipimpinnya ini, keinginan tersebut pun langsung diaminkan oleh mantan kepala MTs Negeri Batam tesebut.


"Konsep-konsep yang beliau sampaikan sangat bagus, apalagi kita tahu dari cerita beliau di masa kepemimpinan beliau MTs Negeri Batam mengalami kemajuan yang signifikan dengan terobosan-terobosan yang beliau buat. Artinya beliau punya konsep dan pengalaman,"ujar Armain. (Hardani/Zaid)

Berita Lainnya
Selasa, 18 April 2017, 09:10

Tim Futsal MA Al Barakah Singkep Pesta Gol

Selasa, 18 April 2017, 09:07

MTs Negeri Lingga Gelar UAMBN, USBN dan US

Senin, 17 April 2017, 09:03

MA Al Barakah Singkep Gelar Perpisahan Kelas 12

Rabu, 12 April 2017, 07:41

Tiga Duta MTs Negeri Lingga di MAN IC

Selasa, 11 April 2017, 14:52

UN Madrasah, Hasyim Kunjungi Madrasah Aliyah YPKL Daik