Jumat, 17 Maret 2017, 14:28

Kanwil Kemenag Kepri Gelar Kegiatan Pengembangan Profesi Guru PAI

Kanwil Kemenag Kepri Gelar Kegiatan Pengembangan Profesi Guru PAI

Tanjungpinang (Humas)- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau menggelar kegiatan yang dinamakan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan dibuka oleh Kabid Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Kepri H. Lukman di Hotel Sampurna Jaya Tanjungpinang, Rabu (15/3).

Ketika dihubungi media ini, Kasi Pendidikan Agama (PAI) pada Sekolah Menengah, Sutarti mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dimana agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia dengan menghadirkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis, dan produktif baik secara personal maupun sosial dengan menuangkannya ke dalam lembaga pendidikan yang ada saat ini.

Menurut Sutarti pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakannya sesuai dengan kebutuhan guru untuk mencapai standar kompetensi profesi guru dan meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesinya yang sekaligus berimplikasi kepada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat guru.

"Konsep pengembangan yang kita maksud antara lain mencakup pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif", kata Sutarti.

Setidaknya dengan mengikuti kegiatan tersebut ada beberapa tujuan yang ingin dicapai secara nyata antara lain guru PAI dapat menulis karya ilmiah bagi guru dan pengawas yang selama ini menjadi kendala untuk kenaikan pangkat, memberikan wawasan tentang daftar usulan penetapan angka kredit, dan memahami tujuan pelaksanaan sertifikasi guru dan pendataan Simpatika.

"Peserta berjumlah 100 orang dengan rincian Bintan 32 orang, Karimun 8 orang, Lingga 8 orang, Batam 14 orang, dan Tanjungpinang 38 orang", kata Sutarti.

Sementara itu Kabid Pakis Kanwil Kemenag Kepri H. Lukman menuntut para guru PAI untuk bekerja lebih professional. Menurut Lukman, profesi guru merupakan profesi khusus yang tidak semua orang meraihnya. "Salah satu langkah menuju kinerja secara professional menurut Lukman adalah dengan mengenal teknologi informasi sekaligus mampu memanfaatkannya untuk tujuan pembelajaran. Kalau jadi guru tapi tidak paham IT (teknologi informasi) maka siap-siaplah gagal menjadi guru atau berhentilah menjadi guru", kata Lukman mengingatkan.

"Menjadi satu kebanggaan dan kebahagiaan jika anak didik kita menjadi suskes meskipun kita tidak akan pernah disebut pernah berjasa membesarkan nama seseorang. Tapi itu tidak masalah buat kita karena kita ikhlas. Jadi guru itu tugas yang sangat berat", ungkap Lukman.

Lebih lanjut Lukman mengatakan nilai keprofesionalan seorang guru juga ditentukan oleh tata nilai yang terus berkembang di masyarakat. "Guru, terutama guru PAI akan menjadi tokoh masyarakat yang akan menjadi rujukan tempat bertanya masyarakat karena dianggap lebih memahami soal agama", ucap Lukman.

Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru Pendidikan Agama Islam berlangsung selama tiga hari hingga 17 Maret 2017. (hatiman)

Berita Lainnya
Jumat, 7 April 2017, 09:08

Kanwil Kemenag Kepri Gelar Rakor PIP 2017

Kamis, 30 Maret 2017, 10:54

Akrom Abdullah: Data Emis Harus Dikelola Satu Pintu

Kamis, 30 Maret 2017, 09:37

Akrom Abdullah: Data Emis Harus Akurat, Relevan dan Tepat Waktu

Rabu, 29 Maret 2017, 21:31

Kakanwil Buka Kegiatan Penguatan Operator Pendataan Emis

Jumat, 10 Maret 2017, 16:27

Kakanwil Kemenag Kepri Tutup Kegiatan Sinkronisasi Data UN PPS