Jumat, 17 Februari 2017, 09:18

Maghrib Mengaji, Sekda Kepri: Maghrib Mengaji Tingkatkan Hablumminallah Dan Hablumminannas

Sekda Kepri: Maghrib Mengaji Tingkatkan Hablumminallah Dan Hablumminannas

Tanjungunggat (Humas)- Kegiatan maghrib mengaji kembali digelar di Masjid Al Ghofur Jalan Sultan Mahmud Gg. Kuburan Tanjungunggat, Tanjungpinang, Kamis (16/2). Istimewanya hadir pula dalam kesempatan tersebut Sekda Kepulauan Riau TS. Arif Fadillah. Selain itu hadir pula Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal, Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang H. Muhammad Nasir, Pengurus Dewan Masjid Indonesia Kota Tanjungpinang, pegawai Kanwil Kemenag Kepri, pegawai Kemenag Kota Tanjungpinang, dan jamaah setempat yang memadati masjid.

Mewakili Pengurus Masjid, Ir. Suripto mengatakan berdasarkan cerita dari masyarakat sekitar Tanjungunggat, Masjid Al Ghofur merupakan salah satu masjid yang tertua di Tanjungpinang. Pada awalnya masjid itu bernama Masjid Raudhatul Mushallin, namun karena lokasi yang sempit di tengah permukiman warga maka masjid Raudhatul Mushallin di bangun di lokasi lain di Tanjungunggat dengan ukuran terbilang besar. Di Masjid Al Ghofur berbagai kegiatan keagamaan Islam digelar setiap harinya. Mulai dari sholat berjamaah hingga kegiatan majelis taklim dan taman pendidikan Alquran.

"Kami sangat senang dengan kunjungan ini, saya pun kaget kok ramai sekali jamaah sholat maghrib hari ini, ternyata ada kunjungan dari Kanwil Kemenag Kepri dan Pak Sekda", kata Suripto.

Sekretaris Daerah Kepulauan Riau TS. Arif Fadillah dalam arahannya mengatakan silaturahmi semacam maghrib mengaji menurutnya sangat penting dilakukan. Hal itu menurutnya dapat menguatkan hablum minallah dan hablum minannas sekaligus ukhuwah Islamiyah. "Sejatinya Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun akan ikut dalam maghrib mengaji namun karena masih ada kegiatan, mungkin lain kali beliau akan bergabung. Gubernur sangat gemar dengan kegiatan safari subuh, terbukti beberapa kali beliau bersafari dari masjid ke masjid saat waktu subuh", kata TS. Arif Fadillah.

"Dengan kegiatan maghrib mengaji ini kita harapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dan dengan begini saya tau kondisi riil masyarakat Kepulauan Riau", imbuh Sekda.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kepri dalam tausiyahnya mengatakan banyak manfaat yang dipetik dari silaturahim yang menurutnya akan mempermudah segala urusan, memudahkan rezeki dan memanjangkan umur.

"Kami juga ingin memastikan bahwa di masjid ini semua kegiatan keagamaan masih berjalan baik seperti majelis taklim, taman pendidikan Alquran dan kegiatan lainnya. Jika ada kendala soal mendatangkan penceramah, cukup undang Kepala KUA Bukit Bestari nanti akan dikirim ustadz-ustadz kita", ucap Marwin Jamal.

Soal legalitas tanah masjid juga menjadi sorotannya. Menurut Marwin, sertifikat tanah masjid menjadi sangat penting agar keberlangsungan masjid dapat dijamin. "Saya sangat bersyukur masjid ini telah memiliki sertifikat tanah, bagi masjid yang belum memiliki sertifikat silhakan berkoordinasi dengan Kepala KUA untuk mengurus sertifikat tanahnya bersama-sama", ujar Marwin pula.

Kegiatan safari maghrib diawali dengan sholat maghrib berjamaah dilanjutkan dengan membaca surah Yaasiin yang dipimpin oleh Ustadz Sumari dan diakhiri dengan sholat Isya berjamaah. (hatiman)

Berita Lainnya
Kamis, 9 Februari 2017, 11:42

Kanwil Kemenag Kepri Gelar Kegiatan Bimbingan Nadzir Wakaf

Rabu, 8 Februari 2017, 13:58

Zulkifli: Menjadi Kepala KUA Tugas Berat, Namun Mulia

Rabu, 8 Februari 2017, 11:29

Kakanwil Kemenag Kepri Minta Kepala KUA Bekerja Bersih Melayani

Rabu, 8 Februari 2017, 09:57

Maghrib Mengaji Dan Safari Subuh Kembali Digalakkan

Kamis, 2 Februari 2017, 14:18

Baltekkom Dan Kakanwil Kemenag Kepri Jalin Kerjasama Penyiaran