Kamis, 16 Februari 2017, 22:46

Pemkab Lingga Bangun Masjid Al Hijrah,BHR Ukur Kiblat

Saat Pengukuran Arah Kiblat dengan Teknologi Miswah

Daik(Siaran Pemberitaan).Pemkab.Lingga berencana membangunan Masjid di komplek perkantoran Pemda. Lokasi yang akan dibangun ini berhadapan langsung dengan Gedung Daerah. Menurut informasi di lapangan, tanah ini merupakan tanah hibah dari Mukhtar Abbas,pensiunan pegawai Kantor Camat Lingga. Di atas tanah seukuran 40 x 50 meter ini akan didirikan masjid dengan ukuran 20 x 20 meter.

Menurut Thafriady, koordinator lapangan yang juga staf Dinas PU Lingga mengatakan peletakan batu pertama akan dilaksanakan, Jumat,(17/02) bertepatan dengan 1 (satu) tahun kepemimpinan Awe - Nizar. "Insyaallah kalau tidak ada halangan besok pagi peletakan batu pertama. Makanya hari ini kami minta Badan Hisab Rukyat Kabupaten Lingga untuk mengukur kiblat,"kata Ari sapaan akrab pria berbadan tegap ini menuturkan.

Ketua BHR Kabupaten Lingga,Halimah bersama tim pakar BHR, Zamroni langsung turun ke lokasi pembangunan masjid yang kebetulan jaraknya bersebelahan dengan Kantor Kemenag.Lingga."Syukur ada masjid di dekat Kantor, nanti para pegawai bisa mengisi. Misalkan nanti ada rapat atau kegiatan di Kantor Bupati ketika masuk waktu sholat, para peserta kegiatan bisa sholat disini,"ujar Halimah.

Kata Zamroni,Ketua Tim Pakar BHR Lingga bahwa untuk menentukan arah kiblat perlu alat. "Kita ukur dengan teknologi Miswah yaitu dengan memanfaatkan bayang - bayang matahari agar lebih akurat posisi kiblatnya. Kalo kompas hanya sebagai pembanding saja. Karena kompas masih terpengaruh oleh medan magnet bumi. Apalagi kompas yang kita punya masih terdapat kelemahan,"ujar Zamroni.

Harapan yang sama disampaikan oleh Zahid,Kasubbag TU Lingga semoga pembangunan Masjid Al Hijrah 2020 cepat selesai.

Hasyim, Kepala Kemenag.Lingga satu hari yang lalu ketika melihat pembersihan lahan Masjid menyatakan dukungannya."Semoga cepat selesai dan bisa dimanfaatkan. Kita turut mendoakan agar penbangunan berjalan dengan lancar,"ucap Hasyim.(zaid)

Berita Lainnya
Rabu, 22 Maret 2017, 16:20

Musabaqoh Makalah Qur'an, Effendy Asmawi: Semoga Muncul Literatur Baru

Rabu, 22 Maret 2017, 11:57

55 Khattath dan Khatthatah Bersaing Meraih Posisi Puncak.

Rabu, 22 Maret 2017, 11:34

Musabaqoh Fahmil Quran Singkep Unggul di Final

Rabu, 22 Maret 2017, 08:33

Arena STQ Ke-7 Kabupaten Lingga : Siswa Siswi MTs Negeri Lingga dan MA Al Barakah Singkep Dominasi Final Fahmil Qur'an

Selasa, 21 Maret 2017, 10:21

Kabid Madrasah Tinjau Langsung Pelaksanaan UAMBN Di MA Al Barakah Singkep