Selasa, 14 Februari 2017, 13:18

Kakanwil Kemenag Kepri Melantik Pejabat Eselon IV Dan Kepala Madrasah

Kakanwil Kemenag Kepri Melantik Pejabat Eselon IV Dan Kepala Madrasah

Senggarang (Humas)- Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal melantik sejumlah pejabat eselon IV dan Kepala Madrasah di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri. Pelantikan berlangsung di Aula Kanwil Kemenag Kepri Jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang, Selasa (14/2).

Pejabat eselon IV dan V yang baru saja dilantik adalah Drs. Erwin sebagai Kepala Seksi Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kepri, Dra. Khatijah sebagai Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kepri, Sarbaini, S.Ag sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Batam, H. Muhammad Dirham, S.Ag sebagai Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Batam, H. Zulkarnain, S.Ag,.MH sebagai Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kemenag Kota Batam, Drs. H. Muhammad Amanuddin sebagai Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Kota Batam, Drs. H. Nabhan sebagai Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Kemenag Kota Batam, Pargaulan Simanjuntak, S.Th sebagai Kepala Seksi Urusan Agama Kristen Kemenag Kota Batam, Mohamad Djazam, S.Ag sebagai Kepala Tata Usaha MTs Negeri 1 Batam, dan Drs. Husaini sebagai Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang.

Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal dalam kesempatan yang sama mengukuhkan sejumlah Kepala Madrasah, diantaranya Kartika, S.Ag sebagai Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanjungpinang, Dra. Khairina sebagai Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batam, Rudy Hartono, S.Ag sebagai Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Batam, dan Irma Suryani, S.Ag sebagai Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Batam.

Dalam arahannya Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal mengatakan tujuan dilakukan mutasi pejabat adalah untuk menghindari kejenuhan pada suatu posisi yang terlalu lama, karena menurutnya banyak pejabat yang sudah menduduki jabatan lama lebih dari 8 tahun. Selanjutnya dengan dimutasinya pejabat itu diharapkan dapat menambah pengalaman baru pada bidang lainnya. "Misalnya di madrasah perlu diketahui bahwa target Menteri Agama menjadikan bidang pendidikan Islam seperti madrasah dan pesantren menjadi produk unggulan. Kita sebagai perpanjangan tangan Kementerian Agama di daerah berupaya untuk mewujudkan target tersebut", kata Marwin Jamal.

"Tunjukkan kepada masyarakat bahwa madrasah itu selalu lebih baik dari sekolah umum. Kepala madrasah sebagai edukator, manager, administrator, supervisor, leader dan motivator harus mampu menciptakan inovasi baru disamping menyempurnakan produk lama yang sudah dihasilkan", kata Marwin Jamal lagi.

Marwin mengatakan pihaknya ingin madrasah di lingkungan Kemenag Kepri memiliki target terukur yang menjadi program unggulan, misalnya setamat dari MI siswa mampu menghafal Alquran 1 juz, tamat MTs mampu menghafal 2 juz dan tamat MA siswa mampu menghafal Alquran minimal 3 juz. "Teknisnya terserah bagaimana silahkan dipikirkan, silahkan bekerjasama dengan Kemenag Kabupaten/Kota dan Pemda setempat untuk menunjang program Gubernur Kepulauan Riau yang akan mewisuda 1.000 hafidz pada tahun 2019", tambah Marwin Jamal.

Marwin menambahkan secara teknis tugas mengajar Kepala Madrasah memang dibatasi hanya 6 jam per pekan, namun sisa waktu yang dimiliki kepala madrasah adalah untuk memikirkan masa depan madrasah yang dipimpinnnya. Kepada pejabat yang lainnya Marwin berpesan untuk mensukseskan agenda tahunan seperti MTQ dan STQ. "Saya minta agar seluruh jajaran untuk mensukseskan kembali program maghrib mengaji dan safari subuh yang sudah dinanti masyarakat", pesannya.

Soal lima nilai budaya kerja Kementerian Agama berupa integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan diharapkan bukan menjadi slogan semata namun harus menjadi tata nilai kehidupan ASN Kemenag Kepri di tengah masyarakat. "Bekerja saja dengan penuh integritas, jangan berbuat sesuatu yang pada akhirnya merugikan diri sendiri. Bekerja secara professional dengan menciptakan berbagai peluang inovasi serta penuh rasa tanggung jawab karena kita ini teladan masyarakat", pungkasnya. (hatiman)

Berita Lainnya
Rabu, 8 Februari 2017, 10:27

Kanwil Kemenag Kepri Gelar Sosialisasi Regulasi Pelayanan Agama Khong Hu Cu

Kamis, 2 Februari 2017, 10:55

Jajaran Kanwil Kemenag Kepri Gotong Royong Di Batu Tiga Lagi

Selasa, 31 Januari 2017, 15:48

"Kanwil Kemenag Kepri Melaksanakan Rapat Zona Integritas (ZI)"

Selasa, 31 Januari 2017, 15:38

Kakanwil Kemenag Kepri Pimpin Apel Pagi Di Kemenag Bintan, Ini Pesannya

Selasa, 31 Januari 2017, 11:52

Lima Nilai Budaya Kerja Jadi Yel Yel Tiap Apel Pagi