Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Ujian Dinas Dan UPKP

Oleh admin    10-07-2018 09:57:24  

Senggarang (Inmas)- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Ujian Dinas (UDIN) dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) untuk sejumlah pegawainya. Pelaksanaan ujian selama satu hari, Selasa (10/7) di Aula Kanwil Kemenag Kepri Jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang.

Dalam laporannya, Kasubbag Ortala dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Kepri H. Widarto menyebutkan mereka yang mengikuti UPKP sebanyak 1 orang atas nama Musriyadi, pegawai Kemenag Kota Batam. Sementara yang lain adalah peserta Ujian Dinas. Mereka adalah Dhasmarony Jaya (Kemenag Lingga), Brigitta Bintani (Kemenag Bintan), Abu Hasan Saari (Kemenag Natuna), Miszurni (Kemenag Natuna), Tengku Ramli (Kemenag Natuna), Joko Sungkowo (Kemenag Tanjungpinang), Fatkhul Muin (Kemenag Tanjungpinang), Latip (Kemenag Tanjungpinang), Suyanto (Kemenag Karimun), Astrid Itsnawati (Kemenag Batam), Mesa Susanti (Kemenag Batam), dan Erie Armansyah (Kemenag Karimun).

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah PP Nomor 12 Tahun 2002 dan Peraturan BKN Nomor 12 Tahun 2002. Peserta UDIN dan UPKP wajib hadir 15 menit sebelum pelaksanaan, dengan membawa alat tulis dan alat dukung lainnya yang diperlukan. Kehadiran peserta dibuktikan dengan daftar hadir, saya ingatkan agar peserta terlebih dahulu menuliskan nomor peserta, menandatangani lembar jawaban dan peserta tidak dibenarkan bekerja sama dengan pihak lain”, kata Widarto.

Sementara itu, Plt. Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Afrizal dalam arahannya mengatakan materi-materi yang diuji dalam pelaksanaan Ujian Dinas antara lain, adalah Pancasila, UUD 1945, Kebijakan Pemerintah dalam pembangunan, Korpri, regulasi kepegawaian, sejarah Indonesia, Bahasa Indonesia, Pengetahuan perkantoran, fungsi manajemen, tugas pokok dan fungsi struktur organisasi serta tata kerja Kemenag, dan peranan agama dalam pembangunan.

Di era pelaksanaan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, kenaikan jabatan sangat berkaitan dengan pengembangan karier. Pengembangan karier dapat kita artikan sebagai sebuah pergerakan vertikal dari pangkat dan jabatannya semula, ke arah yang lebih tinggi lagi. Berkenaan dengan pengambangan karier ini UU ASN memberikan isyarat untuk memperhatikan enam hal sebagaimana tercantum dalam Pasal 69 ayat (1) dan (2), yakni Kualifikasi, Kompetensi, Kinerja, Kebutuhan organisasi, Mempertimbangkan integritas,  dan Mempertimbangkan moralitas.

Afrizal menekankan perlunya para pegawai Kemenag selalu bersyukur, karena menurutnya jika kita senantiasa bersyukur maka nikmat yang kita terima akan ditambah oleh Allah SWT.

Afrizal mengatakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT adalah adanya pekerjaan, termasuk sebagai ASN. “Tidak semua orang diamanahi pekerjaan sebagai ASN, jadi syukuri nikmat itu. Sebagai ASN kita mendapatkan rizki yang dibayarkan oleh negara sehingga kita dapat menjalani kehidupan kita dengan tenang dan aman,” ucap Afrizal.

Dia menambahkan, syukur memang mudah diucapkan tetapi sulit untuk diimplementasikan. “Kadang perlu kita mengevaluasi rasa syukur dengan ucapan, dan yang paling penting dengan tindakan. Kalau kita lihat dalam pelaksanaan tugas kita sebagai ASN, maka rasa syukur kita ditunjukkan dengan menjaga kedisiplinan. Dengan gaji dan tunjangan yang diberikan oleh negara itulah kita menghidupi keluarga,” ujarnya.

“Saya masih ingat betul dengan pesan-pesan mantan Kakanwil Kemenag Kepri H. Razali Jaya yang sering mengingatkan pegawainya agar bersyukur. Katanya lihatlah para buruh yang bekerja di lapangan, ada yang menggali parit, ada yang menghempas batu dan sebagainya. Bandingkan dengan kondisi pekerjaan kita yang di dalam ruangan yang representatif, ada kursi dan meja. Jadi jika hendak bersyukur, lihatlah ke bawah kepada mereka yang masih kurang beruntung,” tambahnya.

“Ujian Dinas dan UPKP adalah salah satu jalan agar ASN dapat memperbaiki posisi karirnya. Dengan ujian ini akan ada kenaikan pangkat dan kenaikan penghasilan walaupun sedikit. Oleh karena itu ikuti dengan sebaik-baiknya, supaya lulus dan tidak sia-sia. Ujian Dinas dan UPKP diberikan oleh negara sebagai bentuk apresiasi negara kepada pegawai terutama karena adanya peningkatan kompetensi. Naik pangkat itu penghargaan karena adanya prestasi,” pungkasnya.

Berita Terbaru

17-07-2018 03:22:36

216 JCH Kota Tanjungpinang Diberangkatkan ke Embarkasi

17-07-2018 10:51:36

JCH Lingga Diterima Kedatangan Secara Resmi

17-07-2018 10:33:35

BUPATI LEPAS JAMAAH CALON HAJI NATUNA

17-07-2018 09:34:12

JCH Lingga Sudah Masuk Asrama Haji

17-07-2018 09:33:14

Radio BTM.Fm Siar Berita Haji

17-07-2018 09:28:16

Ponpes Baitul Mukhlasin Siap Membimbing Santri Baru

16-07-2018 02:41:56

JCH Lingga Resmi Dilepas Keberangkatannya.

16-07-2018 02:40:39

Ini Pesan Kadinkes Lingga Kepada JCH.

16-07-2018 02:39:43

Bupati Lepas Keberangkatan JCH Lingga

16-07-2018 02:34:24

Kabid Melakukan sidak, Peminat Madrasah di Tanjungpinang Meningkat