Kamis, 5 Juli 2012 –
Semiloka: “ Revitalisasi Gerakan Pramuka di Lingkungan Pendidikan Islam”

Batam_Humas—- Pondok Pesantren merupakan salah satu elemen penting bangsa Indonesia pada masa perjuangan melawan penjajah. Munculnya gerakan fatwa resolusi jihad untuk melawan penjajah, pasukan hizbullah dan hizbul wathan yang dipelopori kalangan pondok pesantren merupakan fakta sejarah bahwa kyai, ustadz, santri bersama rakyat menjadi garda terdepan dalam mewujudkan nasonalisme dan patriotisme. Hingga saat ini semangat itu tetap dipupuk di pesantren, salah satunya adalah melalui kegiatan kepramukaan.

Upaya untuk merevitalisasi gerakan pramuka di lingkungan Pondok Pesantren menurut Koordinator Bidang Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Panitia Penyelenggara Perkemahan Pramuka Pendidikan Islam Nusantara (PPPIN) ke 3 di Batam, DR. Undang Sumantri, juga perlu diimbangi dengan upaya menggerakan pramuka di pesantren seperti peningkatan mutu pembina pramuka, manajemen pengelolalaan manajemen gugus depan pondok pesantren, pengembangan kultur dan nilai-nilai ideal kepramukaan di pensantren dan lain sebagainya. Semiloka ini menurutnya bertujuan untuk merumuskan model-model pemberdayaan dan pengembangan pramuka di lingkungan pendidikan Islam. (06/06)

“ Selain itu semiloka ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang kepramukaan dan merumuskan desain Perkemahan Pramuka Pedidikan Islam Nusantara IV 2015”, lanjutnya.

Peserta Semiloka berjumlah 271 orang yang berasal dari kepala bidang pontren se Indonesia pimpinan kontingen, pendamping, termasuk pimpinan pensantren di Kepri, perguruan tinggi Islam, kwarnas gerakan pramuka hingga kwarcab. Dengan mengangkat tema “ Revitalisasi Gerakan Pramuka di Lingkungan Pendidikan Islam”. Kegiatan yang dilaksanakan sehari ini, bertempat di Hotel Goodway Batam.(tnt)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.036417 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 472584
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.