Senin, 30 April 2012 –
Ka. Kanwil: KUA Ujung Tombak Pelayanan

TANJUNGPINANG_HUMAS—-Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) unttuk menjadikan KUA teladan sebagai ujung tombak terdepan Kementerian Agama dalam pelayanan pada msyarakat di Provinsi Kepulauan Riau Kanwil Kemenag Kepri menyelanggarakan Workshop Kepala KUA dan Penghulu Se Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenag Kepri Drs. H. Handarlin H. Umar di Hotel Confort Tanjungpinang, Sabtu (21/4).

Narasumberdalam kegiatan tersebut antara lain Direktur Urais dan Binsyar Kemenag RI Drs. H. Ahmad Jauhari, M.Si, Ka. Kanwil Kemenag Kepri Drs. H. Handarlin H. Umar, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri H. Subadi, S.Ag, Kabid Urais Kanwil Kemenag Kepri Drs. H. Marwin, Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Kepri Drs. Lukman, dan Ketua PA Tanjungpinang Drs. Nur Mujib, MA.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Kegiatan Drs. Lukman mengatakan berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 11 Tahun 2007 bahwa PPN/Penghulu adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh Menteri Agama untuk melaksanakan kegiatan kepenghuluan, PPN dan penghulu mempunyai tugas mengawasi dan mencatat nikah dan rujuk serta menandatangani buku nikah, mendaftar cerai talak dan cerai gugat, serta melakukan bimbingan dan pelayanan kepenghuluan.

“Oleh sebab itu untuk meningkatkan mutu dan pemahaman Kepala KUA/PPN/Penghulu maupun kelancaran administrasi Kantor Urusan Agama kita perlu mengadakan Workshop Kepala KUA dan Penghulu khususnya dilingkungan Kanwil Kemenag Kepri” kata Drs. Lukman.

Ia juga menambahkan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan SDM yang handal di bidangnya, meningkatkan kredibilitas kepala KUA dan penghulu secara profesional dan untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kepri Drs. H. Handarlin H. Umar dalam pengarahannya mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga diperoleh pemahaman yang utuh tentang tugas dan fungsinya masing-masing.

“Kita berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan nanti dapat menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan aturan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengingat KUA adalah ujung tombak Kementerian Agama yang berhadapan langsung dengan masyarakat”, kata H. Handarlin.

Workshop tersebut diikuti oleh 30 orang peserta dari seluruh Kabupaten/Kota se Kepri yang berlangsung dari tanggal 21-24 April 2012. (hat)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.012220 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 314186
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.