Jumat, 20 Januari 2012 –
Persiapan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2012 di Kepri

TANJUNGPINANG—-HUMAS—- Provinsi Kepulauan Riau ditunjuk oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai tuan rumah pada pelaksanaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) 2012 yang akan diikuti oleh perwakilan dari 33 Provinsi di Indonesia. Acara serupa menurut Kepala Bidang pendidikan Islam, Erman Zaruddin, sebelumnya sudah dua kali dilaksanakan. Pelaksananaan di Provinsi Kepri merupakan PPSN ke 3 dan satu-satunya yang dilaksanakan di luar Pulau Jawa dengan skala nasional. Erman Zaruddin berharap kepada seluruh pejabat dan panitia yang akan ditunjuk di Kementerian Agama Kanwil Provinsi Kepulauan Riau, agar dapat bersama-sama mensukseskan acara Perkemahan Pramuka Santri Nusantara ke 3. (18/1)

“ Mari kita tunjukkan bahwa Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri bisa menjadi tuan rumah yang baik, kerjasama yang baik dari seluruh pegawai dan instansi terkait jelas sangat diperlukan, “ ujarnya.

Untuk saat ini belum diketahui pasti kapan PPSN ke 3 itu dilaksanakan, tetapi menurut Erman Zaruddin kemungkinan besar PPSN ke 3 akan dilaksanakan pada saat liburan akhir tahun pelajaran 2011/2012.

“ Kemungkinan dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran, pada saat anak liburan sekolah yaitu pada tanggal 2 sampai dengan 11 Juli 2012,“ terangnya.

Saat ini Kanwil Kemenag Kepri telah melakukan persiapan dalam penyelenggaraan event akbar ini. Koordinasi dengan instansi terkait sedang dilakukan karena menurutnya persiapan yang matang dibutuhkan dalam pelaksanaan PPSN ke 3 yang hanya tinggal hitungan bulan saja.

“ Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri untuk saat ini telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kota Batam dan Kwartir Gerakan Pramuka Provinsi Kepri. Untuk lokasi sudah ditunjuk, Kota Batam sebagai tempat perkemahan yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana Kota Batam,” katanya.

Pelaksanaan PPSN ke 3 ini didukung dengan anggaran dari Kementerian Agama RI dan Kanwil Kemenag Kepri sendiri menganggarkan 1,3 Milyar Rupiah demi suksesnya PPSN ke 3 Provinsi Kepulauan Riau. Ini belum termasuk bentuk dukungan dari pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Batam.

“ Pemko Batam akan mendukung perlengkapan sarana dan prasarana perkemahan di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana, karena disanalah pusat kegiatan berlangsung, “ katanya.

Saat ini, disamping melakukan koordinasi juga telah dilakukan sosialisasi kepada seluruh jajaran Kemenag se Kepri, koordinasi dengan kwarda dan kwarcab se Kepri serta pembina Gugus Depan Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri.

“Kita berharap rapat akhir Kementerian Agama RI dengan Pemerintah Provinsi Kepri dapat segera ditindaklanjuti, “ ujarnya.

Sementara itu, Ka Kanwil Kemenag Kepri, H. Handarlin ketika memimpin rapat persiapan dan pembentukan draft surat keputusan Panitia Pembantu Pelaksana PPSN 3 di Ruang Rapat Kanwil Kemenag Kepri mengatakan, persiapan yang dibutuhkan sekarang adalah pembuatan maskot PPSN ke 3 Provinsi Kepulauan Riau serta bentuk pemecahan rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) pada saat berlangsungnya PPSN ke 3 di Kepri.

“ Jika PPSN ke 2 di Sumedang pemecahan rekor MURI dengan melaksanakan semapur terpanjang maka di Kepri ini belum diketahui bentuk pemecahan rekor MURI-nya itu apa, tetapi kita akan mengusulkan penulisan Gurindam 12 terpanjang, “ kata H. Handarlin.

Adanya PPSN di Provinsi Kepri menuntut kerjasama yang sinergi dari seluruh bidang di Kanwil Kemenag Kepri, kegiatan ini menurut H. Handarlin bukan hanya tugas Bidang Pendidikan Islam pada Kanwil Kemenag Kepri, tetapi tugas bersama seluruh jajaran Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau.

“ Tugas seluruh pegawai yang tergabung dalam keluarga besar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, makanya dalam kepanitian yang berjumlah 350 orang terdiri dari pegawai lintas bidang serta lintas instansi termasuk madrasah dan pondok pesantren, “ katanya.

Pada Bulan Desember yang lalu telah diadakan pertemuan di Hotel Jayakarta, Jakarta antara Kementerian Agama RI, Kanwil Kemenag Prov. Kepri, Kwarnas, Kwarda Kepri dan Pemko Batam membahas persiapan PPSN ke 3 di Kepri.

“ Disamping itu, dirancang juga perkemahan wirakarya (red.: pramuka perguruan tinggi) yang disejalankan dengan PPSN di Kepri, “ tutupnya. (tnt)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.045519 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 464314
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.