Senin, 8 Juli 2013 –
Sambut Ramadhan, Kemenag Bintan Gelar Ceramah Agama

Oleh MUHAMMAD SAIFULLAH

Ceruk Ijuk – Ruang pertemuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan tampak dipenuhi ratusan PNS dan karyawan di lingkungan Kantor Kemenag Bintan, Rabu (03/6). Kehadiran mereka adalah untuk mengikuti acara sambut ramadhan 1434 H / 2013 M yang digelar oleh Kantor Kemenag Bintan. Acara yang juga disejalankan dengan rapat dinas bulanan tersebut dihadiri langusung oleh Kepala Kantor Kemenag Bintan serta Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau yang dalam hal ini hadir sebagai penceramah.

Kepala Kantor Kemenag Bintan Drs. H. Erizal, MH dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh undangan yang hadir agar mengisi bulan Ramadhan nantinya dengan cara meningkatkan peran masjid. Saat Rasulullah SAW hijrah ke Madinah, yang paling pertama dibangun olehnya ketika itu adalah masjid. Sementara yang kedua yang dibangun oleh Rasulullah adalah pasar. Ini bermakna ada dua hal yang tidak bisa kita tinggalkan dalam kehidupan kita, yaitu hal duniawi dan ukhrawi.

“banyak hal yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan ini. Namun yang paling utama adalah bagaimana agar kita senantiasa meramaikan masjid dengan kegiatan – kegiatan keagamaan,” ungkap H. Erizal.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Kanwil Kemenag Kepri Drs. Lukman dalam ceramahnya mengungkapkan di dalam Al Quran Allah SWT telah mewajibkan puasa kepada orang-orang yang beriman. Sebagai orang yang beriman kita harus senantiasa berusaha untuk meningkatkan keimanan kita agar nantinya kita bisa menjadi manusia yang bertaqwa. Ramadhan merupakan bulan yang paling tepat untuk dijadikan sebagai bulan peningkatan amal dan taqwa kita kepada Allah.

“tidak mungkin orang yang tidak beriman itu bisa bertaqwa, dan tidak mungkin orang yang tidak bertaqwa itu bisa bersyukur,” jelas Drs. Lukman.

Drs. Lukman menambahkan lagi, ada tiga kunci untuk menghadapi kehidupan yang penuh dengan tantangan ini. Yang pertama, kita harus kembali kepada kehidupan kanak-kanak. Masa kanak – kanak tidak mengenal akan kesusahan, masa kanak-kanak juga selalui dipenuhi dengan keceriaan. Oleh karenanya, kita sebagai orang dewasa harus bisa meniru perilaku anak-anak tersebut. Sehingga seperti apapun beban yang kita terima, kita selalu hadapi dengan rasa syukur dan gembira.

Yang kedua, lanjut Lukman, seorang manusia itu harus mau berubah. Maksudnya, merubah keadaan kita dari yang tidak baik menjadi baik. Keadaan yang susah menjadi senang. Dan tentunya dari tidak bertaqwa menjadi taqwa kepada Allah SWT. Dan hal yang ketiga yang menjadi kunci dalam kehidupan ini adalah bagaimana merubah sesuatu yang tidak kita suka menjadi kita sukai. Apabila ketiga hal tersebut dapat kita terapkan dalam kehidupan kita, maka kita akan bisa merasakan nikmatnya kehidupan di dunia ini dan insya Allah kehidupan di akhirat kelak. Dan ini semua juga akan menjadi kunci bagi kita untuk memasuki bulan yang mulia, karena di bulan ini akan terjadi perubahan-perubahan dari yang tidak baik menjadi baik dan yang baik menjadi lebih baik lagi.

“mudah-mudahan di bulan Ramadhan ini kita bisa beramal dengan baik agar bisa menjadi insan yang bertaqwa dan juga menjadi insan yang selalu bersyukur,” tutup Drs. Lukman.

Kegiatan ceramah agama dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tersebut berakhir sekitar pukul 11.00 WIB, setelah makan siang dan melaksanakan shalat zuhur, acara dilanjutkan dengan rapat dinas bulanan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bintan.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.012766 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 428996
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.