Selasa, 4 Juni 2013, 05:50 –
Menyambut Ramadhan 1434 H

Tanjungpinang_Humas——Dalam rangka menyambut Ramadhan 1434 H/ 2013 M, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau telah melakukan rapat persiapan dengan agenda menyambut Ramadhan di Masjid Al Khaif Kanwil Kemenag Kepri Jl. Daeng Kemboja Tanjungpinang, Senin (3/6).

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Kepri Drs. H. Handarlin H. Umar membahas sejumlah agenda. Dalam arahannya Ka. Kanwil berpesan agar Badan Hisab Rukyat (BHR) Provinsi Kepulauan Riau segera melakukan persiapan menyambut Ramadhan. Antara lain hal yang harus segera dilakukan adalah melakukan pembahasan tentang penetapan lokasi akan dilaksanakannya hisab dan rukyat, jadwal safarai Ramadhan, penentuan titik sholat Idul Fitri dan lain-lain.

Ka. Kanwil juga mengharapkan adanya panduan lengkap Ramadhan yang dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya para pengurus masjid dan konsep safari Ramadhan yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Sementara untuk pengurus Masjid Al Khaif pihaknya ingin agar ada perubahan penampilan. “Khusus untuk masjid kita (Al-Khaif, red) akan ada kegiatan pra Ramadhan. Mungkin konsepnya bisa dengan menggelar doa selamat yang disejalankan dengan nisfu sa’ban”, kata Ka. Kanwil.

“Kita juga akan mulai membudayakan untuk membuat kartu ucapan menunaikan Ramadhan agar umat Islam mengetahui akan pentingnya menyambut Ramadhan. Kita akan susun jadwal muballigh Ramadhan di masjid kita ini utamanya oleh pegawai-pegawai muda agar memperoleh kesempatan belajar”, ujarnya.

Ka. Kanwil juga mengharapkan agar mulai merancang malam nuzulul quran dan menghidupkan tradisi takjilan. Ia juga meminta agar disiapkan waktu khusus satu hari dalam sepekan yang akan digunakan untuk membahas berbagai perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Saya berharap tahun ini secara fisik aka nada perubahan dalam kita menyambut dan menyemarakkan Ramadhan”, tutupnya. (h)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.014793 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 503481
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.