Idul Fitri Bermakna Kembali Kepada Kesucian

Oleh admin    07-06-2018 11:22:30  

Senggarang (Inmas)- Ramadhan akan segera berakhir dan Idul Fitri akan segera menjelang. Dalam dua momentum yang baik tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau H. Marwin Jamal menyampaikan pesan keagamaan kepada seluruh umat Islam yang ada di seluruh wilayah Kepulauan Riau.

Marwin Jamal mengatakan saat ini merupakan penghujung Ramadhan 1439 H dan segera menjelang Syawal. Selama 29 hari umat Islam menjalani ibadah puasa sesuai dengan syariat agar menjadi insan yang taqwa. Mengutip makna hadits Nabi Muhammad SAW, Marwin Jamal menyebutkan barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh perhitungan dan keimanan maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

“Dalam hadits yang lain Rasulullah mengatakan barang siapa yang berpuasa Ramadhan dan mendirikan malamnya dengan beribadah maka akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu bak bayi yang baru lahir. Ibadah Ramadhan merupakan ibadah yang terintegrasi, baik antara puasa, sholat tarawih dan ibadah lainnya”, kata Marwin Jamal.

Tentang makna puasa, Marwin menjelaskan bukan puasa jika hanya menahan lapar dan haus saja. Puasa juga bermakna menahan diri dari perbuatan yang keji. “Dalam hadits yang lain juga Rasulullah menyuruh kita agar dalam berpuasa, agar kita mempuasakan juga matamu, telingamu, lidahmu dari berbuat dosa,” kata Marwin Jamal menambahkan.

“Ramadhan juga bermakna membersihkan kita dari segala dosa. Oleh karena itu kita pertahankan betul bulan suci. Alangkah ruginya jika Ramadhan berlalu tetapi dosanya tidak diampuni oleh Allah SWT. Jangan biarkan Ramadhan berlalu tanpa makna. Ramadhan seharusnya dapat membina kita menuju arah yang lebih baik sebagai bulan diklat”, ucapnya.

Menurutnya Ramadhan sebagai bulan diklat melatih kita untuk bersikap jujur, karena tidak ada yang tahu apakah kita berpuasa atau tidak, hanya Allah dan dirinya saja yang tahu. Ramadhan juga mengajarkan sikap disiplin, taat kita dengan semua ketentuan Allah. Ramadhan mengajarkan sabar, dengan sabar kita menunggu untuk berbuka puasa dan menahan diri dari yang membatalkannya. Ramadhan mengajarkan sehat, berpuasa melatih tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Ramadhan mengajarkan hidup sederhana, dengan berpuasa seharusnya kita semakin hemat. Ramadhan meningkatkan rasa kasih sayang, yang ujungnya menjadi insan yang bertaqwa.

Marwin Jamal juga mengingatkan umat Islam untuk menunaikan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat maal. Dia mengajak umat Islam untuk merayakan Idul Fitri dengan sholat Idul Fitri dengan sederhana dan tidak berlebihan. Idul Fitri yang bermakna kembali kepada kesucian seperti bayi yang baru lahir. “Sunnahnya kita dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum sholat Idul Fitri”, ucap Marwin Jamal mengingatkan.
Tentang makna Syawal, Marwin menjelaskan Syawal bermakna meningkat. Syawal adalah pembuktian diri setelah dilatih selama satu bulan untuk meningkatkan seluruh amal ibadah kepada Allah SWT. “Dengan demikian Syawal adalah meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Jangan memaksakan diri untuk bermewah-mewahan selama berhari raya”, pesannya.

Marwin Jamal yang akan memasuki masa pensiun juga menghaturkan ucapan undur diri. Sehubungan dengan masuknya masa purna tugas terhitung 1 Juli 2018, dia menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak, atas kerjasamanya, sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan lancar tiada hambatan sampai purna tugas dan tercatat sebagai amal ibadah yang baik.

“Sebagai manusia dalam menjalankan tugas, secara pribadi maupun dinas, banyak terdapat kesalahan baik berupa ucapan maupun tindakan, untuk itu izinkan saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Mohon doa restu kepada semua pihak, semoga dalam menjalankan kehidupan di masyarakat diberikan kesehatan, kelancaran, dan kesuksesan serta mendapat ridho Allah SWT”, ujarnya. (hatiman)

Berita Terbaru

22-06-2018 10:31:06

Himpunan Bina Muallaf Tanjungpinang Dikukuhkan

21-06-2018 03:35:23

Kemenag Segera Luncurkan PTSP dan Pendaftaran Pernikahan  Berbasis Online

21-06-2018 03:34:05

Kakankemenag Bahagia Atas Disiplin Pegawainya

14-06-2018 08:55:57

Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Kepri Pantau Hilal Di Bukit Cermin

07-06-2018 11:22:30

Idul Fitri Bermakna Kembali Kepada Kesucian

06-06-2018 10:52:52

Peringati Nuzulul Quran, Kanwil Kemenag Kepri Salurkan Bantuan

02-06-2018 10:20:43

Tarbiyah Perti Kepulauan Riau Akan Gelar Rakerda

31-05-2018 12:44:34

Ahmad Husein Dilantik Jadi Kepala Kemenag Natuna

31-05-2018 11:21:27

Peringati Hari Hipertensi Sedunia,Dinas Kesehatan Cek Tensi di Kemenag

30-05-2018 09:05:49

Safari Ke Belakang Padang Kemenag Bagi Sumbangan Dan Paket Sembako