Peringati Nuzulul Quran, Kanwil Kemenag Kepri Salurkan Bantuan

Oleh admin    06-06-2018 10:52:52  

Senggarang (Inmas)- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau kembali menggelar kegiatan peringatan Nuzulul Quran yang disejalankan dengan kegiatan buka bersama dan gerakan menyantuni anak yatim dan fakir miskin. Kegiatan dipusatkan di Masjid Al Khaif Kanwil Kemenag Kepri Jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang, Selasa (5/6) menjelang waktu berbuka puasa.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pimpinan Baznas Kepulauan Riau Mastur Taher, Ketua STAIN SAR Kepri Muhammad Faisal, para Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, pejabat eselon III, para penerima bantuan seperti warga Desa Binaan Zakat Tanjung Sebauk, dan tentunya keluarga besar Kanwil Kemenag Kepri yang tampak memadati masjid. Seperti biasanya para pensiunan Kemenag juga tampak hadir, seperti mantan Kepala Kemenag Kabupaten Kepri Fauzi Mahbub, Sarmo, dan lain-lain. Kepada mereka diberikan bingkisan.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Kegiatan Chandra Wesnedi menyebutkan Nuzulul Quran merupakan salah satu nikmat yang luar biasa bagi umat semesta alam. Karena Allah SWT telah menurunkan Alquran sebagai mukjizat terbesar. “Kanwil Kemenag Kepri setiap tahun memperingati Nuzulul Quran dan merupakan agenda tahunan. Kami mengharapkan peringatan ini bukan seremoni belaka tetapi bisa diambil makna sebagai momentum perubahan diri menjadi muslim yang lebih baik”, kata Chandra Wesnedi.

Chandra Wesnedi menambahkan, di Indonesia Nuzulul Quran merupakan salah satu hari besar Islam yang diperingati secara nasional. “Tentu Kemenag menjadi leading sektor dalam perayaannya. Dalam momentum kali ini kita memberikan santunan kepada yatim piatu, berbuka puasa bersama satuan kerja, dan pensiunan”, tambah Chandra Wesnedi.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal mengatakan memanfaatkan sisa Ramadhan harus penuh untuk beribadah. Dia meminta dengan diundangnya para pensiunan Kemenag dapat terjalin hubungan yang tetap lestari. “Jangan sampai terputus hubungan silaturahim kita. Masukan para pensiunan yang merupakan senior sangat kita butuhkan. Allah telah mengingatkan manusia, bahwa akan terjadi bencana jika kita tidak menjaga hubungan dengan Allah dan menjaga hubungan baik dengan manusia. Perbanyak kawan, jangan perbanyak lawan”, ucap Marwin Jamal.  

“Hari ini kita berbagi bersama para pensiunan, para anak yatim piatu dan warga Desa Binaan Zakat. Kita menjalin kerjasama dengan Baznas Kepulauan Riau untuk mendistribusikan dana zakat yang terkumpul di UPZ Kanwil Kemenag Kepri untuk kita salurkan hari ini”, ucapnya lagi.  
Dalam tausiyahnya Marwin Jamal berpesan agar umat Islam menciptakan generasi Qurani. Mengutip sabda Rasulullah SAW, Marwin mengatakan akan datang suatu zaman dimana saat itu Islam hanya tinggal nama, dan Alquran hanya tinggal tulisan belaka tanpa ada yang mengamalkan dan mengajarkan.

“Kita para orang tua wajib mewariskan generasi Islam yang cinta Alquran. Saya juga heran kenapa saat ini orang tua lebih bangga mana kala anaknya berprestasi dalam menari dari pada berprestasi dalam mengaji. Harusnya kita lebih bangga dengan anak-anak yang berprestasi dalam mengaji”, ujarnya.

“Padahal jelas sekali, agama yang bersumber dari kitab suci akan sangat dibutuhkan untuk menjadi benteng terakhir bagi dekadensi moral anak muda. Agama akan menjadi benteng yang melindungi mereka sekaligus menjadi solusi atas setiap tantangan zaman yang akan muncul”, jelasnya. (hatiman)

Berita Terbaru

22-06-2018 10:31:06

Himpunan Bina Muallaf Tanjungpinang Dikukuhkan

21-06-2018 03:35:23

Kemenag Segera Luncurkan PTSP dan Pendaftaran Pernikahan  Berbasis Online

21-06-2018 03:34:05

Kakankemenag Bahagia Atas Disiplin Pegawainya

14-06-2018 08:55:57

Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Kepri Pantau Hilal Di Bukit Cermin

07-06-2018 11:22:30

Idul Fitri Bermakna Kembali Kepada Kesucian

06-06-2018 10:52:52

Peringati Nuzulul Quran, Kanwil Kemenag Kepri Salurkan Bantuan

02-06-2018 10:20:43

Tarbiyah Perti Kepulauan Riau Akan Gelar Rakerda

31-05-2018 12:44:34

Ahmad Husein Dilantik Jadi Kepala Kemenag Natuna

31-05-2018 11:21:27

Peringati Hari Hipertensi Sedunia,Dinas Kesehatan Cek Tensi di Kemenag

30-05-2018 09:05:49

Safari Ke Belakang Padang Kemenag Bagi Sumbangan Dan Paket Sembako